Kisah Pilu di Balik Keindahan Taman Nasional Virunga, Rumah Si Gorila Sadar Kamera

24 April 2019, at 04:00
0
0
Kisah Pilu di Balik Keindahan Taman Nasional Virunga, Rumah Si Gorila Sadar Kamera

Baru-baru ini beredar foto dua gorila yang berpose layaknya manusia bersama seorang penjaga bernama Mathieu Shamavu. Potret yang tersebar di media sosial itu pun menjadi viral.

Kedua gorila yang diketahui berjenis kelamin betina itu tinggal di Taman Nasional Virunga yang ada di Republik Demokratik Kongo, salah satu negara di Afrika Tengah.

Terlepas dari senyum ceria dari dua gorila dan sang penjaga, siapa sangka ada kisah pilu di baliknya. Baik dari sisi Taman Nasional Virunga sendiri maupun di pihak kedua mamalia tersebut. Apa saja itu?

Baca juga: Kisah Pilu Wisata Ikonik di Paris yang Terbakar Jelang Paskah

1. Pernah Terancam Konflik DRC

taman nasional virunga
instagram.com/virunganationalpark

Dikutip dari situs resmi Taman Nasional Virunga, wilayah konservasi yang dibangun pada tahun 1925 oleh Raja Albert 1 ini telah lama terancam oleh konflik DRC (Democratic Republic of Congo). Meski begitu, tempat ini tetap bertahan dan dibuka kembali entah bagaimana caranya.

2. Kondisinya Pernah Memburuk

taman nasional virunga kongo
instagram.com/virunganationalpark

Kondisi wilayah yang awalnya disebut sebagai Taman Nasional Albert ini pun pernah memburuk. Tepatnya setelah tahun 1960, saat Kongo mendapatkan kemerdekaan.

Baru setelah awal tahun 70-an saat presiden mulai tertarik pada konservasi, tempat wisata di luar negeri ini kembali dihidupkan dan dinamai Taman Nasional Virunga.

3. Terancam oleh Serangan Pemberontak Selama Puluhan Tahun

virunga
instagram.com/virunganationalpark

Wilayah konservasi satwa liar Virunga ini juga harus terusik selama 20 tahunan karena konflik pemerintah dan pemberontak.

Untuk mengatasi perburuan liar dari para pemberontak tersebut, taman nasional ini pun dilindungi oleh sekitar 600 orang. Dikutip dari BBC Indonesia, 5 penjaga hutan meninggal di Taman Nasional Virunga tahun lalu karena serangan para pemberontak. Total ada sekitar 130 penjaga meninggal di tahun 1996.

Baca juga: Pantai Cantik di Thailand Ini Ditutup Mendadak, Kenapa ya?

4. Kisah Pilu Dua Gorila Sadar Kamera

satwa di taman nasional virunga
instagram.com/virunganationalpark

Di balik senyum dua gorila bernama Ndakazi dan Ndeze itu, ada kisah pilu yang mengikuti. Diketahui, ternyata induk dari kedua mamalia tersebut mati karena pemburu pada tahun 2007 silam.

Mirisnya lagi, saat itu kedua gorila lucu ini masih berusia dua dan empat bulan. Karena kejadian menyedihkan ini, mereka pun dibawa dan dibesarkan di Taman Nasional Virunga.

5. Pesan di Balik Foto Selfie Gorila dan Penjaganya

foto selfie gorila
instagram.com/virunganationalpark

Bukan sekedar selfie, pria yang membagikan potret kebersamaannya dengan dua gorila itu juga menyampaikan pesan bermakna.

Ia ingin meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya untuk menjaga dan melindungi satwa-satwa liar yang ada di alam. Selain itu, Mathieu juga mengimbau masyarakat untuk nggak memburu hewan di Taman Nasional Virunga yang menyebabkan kepunahan pada spesies tertentu.

6. Aktivitas Seru di Taman Nasional Virunga

taman nasional virunga afrika
instagram.com/virunganationalpark

Terlepas dari kisah pilu itu, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, seperti:

  • Trekking gorila gunung: Kegiatan ini paling populer di Kongo. Apalagi Virung adalah satu-satunya habitat bagi gorila gunung di bumi.
  • Melihat Simpanse: Selain gorila, kamu juga bisa melihat keluarga simpanse di alam bebas. Bahkan bisa juga berinteraksi dengan mereka.
  • Jelajah alam: Karena Taman Nasional Virunga adalah kawasan hutan hujan tropis, maka kamu bisa menikmati keindahan alam dan menikmati kesejukan udara sekitarnya.
  • Mendaki Gunung Nyiragongo: Ini adalah gunung berapi aktif yang cocok untuk para petualang yang ingin menemukan hal baru.
  • Menikmati lanskap sekitar: Mulai dari salju di Pegunungan Rwenzori, Gunung Nyiragongo, gunung berapi punah, kawah, lembah, hutan hujan, padang rumput sabana, dan banyak lainnya bisa dilihat di sini.
  • Mengamati burung: Ada banyak jenis burung di sini, seperti Grey throated barbet, pemakan lebah Madagascar, Jalak Sempit, Ruwenzori turaco, Elang Ikan Afrika, dan lain sebagainya.

7. Cara ke Taman Nasional Virunga

cara ke taman nasional virunga
instagram.com/virunganationalpark

Cara ke Taman Nasional Virunga bisa dimulai dari Bandara Internasional Kigali. Dari sini, kamu akan melewati Kota Gisenyi dan menyeberang ke Goma di DR Kongo melalui jalan tanah. Kira-kira selama 2 jam perjalanan, kamu akan tiba di tujuan.

Nah, itulah kisah pilu di balik keindahan Taman Nasional Virunga di Kongo sekaligus cerita sedih dari dua gorila yang belakangan ini fotonya tersebar di dunia maya.

Baca juga: Jaga Bumi, Yuk Ikut Diet Plastik dan Bawa Barang Ringan Ini Saat Traveling!

Semoga dari kejagian yang menimpa dua gorila sadar kamera itu, nggak ada lagi perburuan liar untuk semua satwa-satwa di bumi ini, ya!

0 Comment