Kondisi Kesehatan Ini Bikin Kamu Nggak Boleh Dipijat, Bisa Bahaya!

12 May 2019, at 00:00
0
0
Kondisi Kesehatan Ini Bikin Kamu Nggak Boleh Dipijat, Bisa Bahaya!

Sebagian besar orang memilih pijat sebagai solusi ketika kondisi tubuh terasa nggak terlalu nyaman, atau menunjukkan gejala-gejala masalah kesehatan.

Nggak bisa dipungkiri, banyak orang yang merasa tubuhnya lebih nyaman atau masalah kesehatannya teratasi setelah mendapatkan pijatan.

Sayangnya, pijatan nggak boleh dilakukan sembarangan. Berikut ini kondisi kesehatan yang justru akan semakin buruk apabila dipijat. Jangan dipaksa, ya!

Baca Juga: Semakin Banyak Anak Muda Terkena Hipertensi, Ternyata Penyebabnya Ini!

1. Hipertensi

hipertensi
pexels.com/@rawpixel

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dialami oleh siapa saja. Kondisi kesehatan tersebut membuat pembuluh darah sangat rentan pecah apabila dipijat.

Oleh sebab itu, penderita tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari melakukan pijatan keras yang dapat berdampak buruk. Namun pijatan ringan tetap bisa dilakukan.

2. Varises

varises
dermatologcentr.ru

Penderita varises juga sebaiknya nggak melakukan pijatan pada daerah yang terserang. Pasalnya, bukannya sembuh masalah kesehatan tersebut justru akan menjadi lebih parah.

Hal ini karena varises merupakan kondisi dimana terdapat pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh penumpukan darah di dalamnya.

3. Demam

demam
hellosehat.com

Yang satu ini pasti sering kamu lakukan, memijat tubuh ketika sedang demam. Nyatanya, melakukan hal tersebut ketika suhu badan sedang nggak normal justru bisa memperburuk keadaan lho.

Hal ini karena memijat tubuh saat demam bisa membuatnya menjadi terlalu panas yang mengakibatkan pecahnya pembuluh darah.

Baca Juga: Flu dan 4 Efek Patah Hati pada Kesehatan Lainnya

4. Flu

flu
pexels.com/@public-domain-pictures

Mungkin terkesan sepele, namun flu merupakan salah satu penyakit yang dapat menular dengan mudah.

Oleh sebab itu, pijat bukanlah solusi untuk membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik. Sebaliknya, pijatan yang salah akan memperburuk keadaan.

5. Hernia

hernia
eventkampus.com

Hernia adalah kondisi yang terjadi saat seluruh maupun sebagian dari organ atau jaringan, misalnya usus, mengalami pergeseran posisi sehingga menonjol ke beberapa tempat.

Tonjolan tersebut sebaiknya diatasi dengan cara operasi bukan dipijat. Hal tersebut karena pijat kemungkinan besar akan memperparah hernia.

6. Osteoporosis

osteoporosis
oirmexpression.ca

Bagi penderita masalah kesehatan yang bersangkutan dengan tulang, sebaiknya nggak memilih pijatan sebagai pengobatan.

Apalagi jika kamu menderita osteoporosis, memijat tubuh berpotensi membuat penyakit menjadi lebih parah. Pasalnya, masalah kesehatan tersebut menyebabkan tulang menjadi keropos dan rapuh apabila terkena tekanan.

7. Gangguan Kulit

gangguan kulit
thinkstockphotos.com

Memijat derah kulit yang bermasalah, seperti memar, luka bakar, atau ruam justru akan memperburuk keadaan.

Hal ini terjadi karena gesekan pada kulit yang terjadi karena pijatan dapat membuat daerah tubuh tersebut mengalami shock lebih banyak.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa kondisi kesehatan yang sebaiknya nggak kamu obati dengan metode pijatan. Kamu pasti baru tahu, kan?

0 Comment