Kondisi Menyeramkan Gili Trawangan Setelah Dinyatakan Rawan Tsunami

08 August 2018, at 09:26
1
0
Kondisi Menyeramkan Gili Trawangan Setelah Dinyatakan Rawan Tsunami

Setelah di guncang gempa berkekuatan 7 SR, pemerintah Indonesia mengevakuasi hampir 4.636 orang. Evakuasi itu bahkan hingga tahap kelima. Orang-orang tersebut diantar menuju Pelabuhan Benoa, lalu diantarkan kembali menuju ke Bandara Ngurah Rai. Namun, ada juga sebagian wisatawan yang masih ingin tinggal di Bali.

Di Gili Trawangan pun yang selama ini menjadi tempat wisata idaman, banyak hotel yang rusak parah bahkan hancur karena getaran gempa. Banyaknya wisatawan yang mengungsi ke Bali membuat beberapa tempat menginap menjadi kosong tak berpenghuni.

kumparan

Adapun juga, masih banyak orang yang terjebak di Pulau Gili Trawangan, Pulau Gili Air, dan Pulau Gili Meno. Itu dikarenakan oleh air laut yang surut sehingga menyulitkan kapal yang akan mengangkut pengungsi untuk disandarkan. Solusinya saat ini adalah, kapal bersandar di tengah laut kemudian di lanjutkan oleh perahu karet ke bibir pantai.

antarafoto

Walau belum ada data yang akurat tentang berapa kerugian yang ditafsir dan bangunan mana saja yang rusak. Pihak Menteri Pariwisata, berusaha untuk melakukan recovery di Gili Trawangan. Namun, hal ini tentu tidak sendirian harus membutuhkan bantuan oleh banyak pihak.

Pihak kemenpar akan bekerja sama dengan pihak PU untuk membersihkan bangunan yang hancur dan Gili Trawangan yang banyak terkena puing-puing bangunan. Hal itu perlu tindakan cepat karena itu merupakan wisata utama di Lombok.

Bukan hanya resort, namun juga gempa Lombok mengakibatkan banyak gedung perkantoran milik pemerintah yang rusak parah. Banyak atap kantor yang ambruk dan jalanan depan yang retak. Pelayanan masyarakat akan tetap berjalan walau masih kurang maksimal.

kumparan.com

Setelah ditinggali oleh beberapa wisatawan, kini suasana dari gili yang ada di sana nampak sepi. Pasalnya sudah banyak wisatawan yang dievakuasi dan warga yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Semoga warga yang masih bertahan di sana selalu berada dilindungan Tuhan dan diberi kesehatan. Untuk keluarga korban yang ditinggalkan akan di berikan ketabahan.

0 Comment