Konsumsi 4 Cangkir Kopi Sehari bisa Kurangi Risiko Diabetes hingga 25 Persen, Kenapa?

25 November 2018, at 00:00
1
0
Konsumsi 4 Cangkir Kopi Sehari bisa Kurangi Risiko Diabetes hingga 25 Persen, Kenapa?

Kamu penggemar berat kopi? Mungkin setelah ini patut berbahagia, karena minuman ini ternyata bisa menurunkan resiko terkena diabetes.

Beberapa penelitian telah dilaksanakan untuk membuktikan khasiat kopi untuk diabetes. Seperti yang dilakukan ilmuwan di Qingdao University, Tiongkok pada 2013 silam.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada European Journal of Nutrition itu menunjukkan bahwa, responden yang minum kopi paling banyak memiliki risiko diabetes hampir 30 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tak mengonsumsi kopi.

ilustrasi orang-orang sedang minum kopi bersama
ihsvoice.com

Hal ini didukung dengan penelitian yang dilakukan Dr Mattias Carlstrom di Karolinska Institutet. Konsumsi kopi 3-4 cangkir sehari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak  25 persen.

Diabetes tipe 2 sendiri dikenal dengan nama diabetes mellitus atau penyakit gula.

Baca juga: Benarkah Jamur Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes? Yuk Simak Faktanya!

Khasiat kopi untuk diabetes ini disinyalir karena berbagai kandungan seperti antioksidan, senyawa fenolik, lignan, magnesium, dan kafein yang ada di dalamnya. 

Kafein dianggap sebagai kandungan yang mampu menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh. Maka dari itu, risiko diabetes tipe 2 bisa ditekan.

brewing coffee
brewing-methods.com

Lebih lanjut lagi, selain kafein ada senyawa fenolik dan lignan juga dikatakan efektif untuk meningkatkan metabolisme glukosa.

Tapi yang perlu digaris bawahi, tak semua kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes. Kopi yang memiliki khasiat paling baik untuk masalah ini adalah kopi hitam sederhana, bukan yang ditambah gula ataupun dalam kemasan.

biji kopi sangrai
totalhealthresonance.com

Ahli Gizi dari Amerika, Steven Zodkoy, menambahkan bahwa konsumsi biji kopi baik yang mentah ataupun sudah disangrai juga efektif untuk menurunkan gula darah dan akan menghindarkan dari diabetes.

Wah, luar biasa ya manfaat dari konsumsi kopi secara rutin. Namun bagi beberapa orang yang kurang bersahabat dengan kafein, sebaiknya berhati-hati.

Karena seperti yang diketahui, selain memberi manfaat sehat tersebut, kafein bisa membuat jantung berdebar dan rasa gelisah. Jadi tetaplah bijak apabila mau mengonsumsinya.

0 Comment