Kopi Es Tak Kie, Tempat Ngopi di Jakarta yang Eksis Sejak Tahun 1920an

10 April 2019, at 12:00
1
0
Kopi Es Tak Kie, Tempat Ngopi di Jakarta yang Eksis Sejak Tahun 1920an

Ada banyak sekali kedai kopi instagenik nan hits yang tersebar di Ibukota Jakarta. Mulai dari yang harganya cuma Rp20.000 hingga Rp70.000.

Terlebih saat ada pembukaan tempat minum kopi baru dengan potongan harga yang menggiurkan, sudah jadi incaran generasi muda masa kini ya!

Baca juga : Sekian Tempat Ngopi di Denpasar yang Khas dan Bikin Melek Seharian

Terlepas dari itu semua, di Jakarta ada salah satu kedai kopi lawas yang sudah buka sejak puluh tahun lalu dan masih bertahan hingga sekarang. Seperti apa ciri khas yang dimiliki sampai nggak tergerus oleh zaman? Simak yuk, ulasan singkat berikut ini!

1. Didirikan Oleh Perantau dari China pada Tahun 1927

kopi es tak kie jakarta
instagram.com/riodewanto

Kedai kopi di Jakarta ini didirikan oleh Liong Kwie Tjong yang merupakan seorang perantau dari China untuk berdagang. Ia membuka bisnis jualan kopi pada tahun 1927.

Nama Tak Kie memiliki arti orang yang bijaksana dan banyak diingat oleh orang-orang. Pertama kalinya ia menjajakan racikan kopi di sebuah gerobak kecil di kawasan Glodok.

kedai kopi es tak kie
instagram.com/eskapisme.id

Menu Kopi Es Tak Kie yang ditawarkan hanya kopi hitam dan kopi susu saja. Bisa pilih yang dingin ataupun panas.

Dalam gerobaknya ada kue tradisional China yang juga dijajakan. Aneka jajanan itu ditawarkan untuk para pelanggan sebagai menu camilan yang enak disantap dengan secangkir kopi. Perpaduan yang “jos” banget.

2. Varian Menu Kopi dengan Racikan yang Nggak Berubah

kopi di kopi es tak kie jakarta
instagram.com/haryabhimasena

Untuk cita rasa pada varian menu kopinya tetap sama sejak pertama kali dijajakan, pakai es atau tanpa es. Biji kopi yang disajikan pun nggak sembarangan.

Didatangkan langsung dari Lampung yang punya biji kopi istimewa dengan aroma kuat setelah diseduh. Mantap nggak tuh?

Baca juga : 9 Tempat 'Ngopi' di Kota Malang yang Nggak Mahal dan Nyaman Buat Malam Mingguan

menu makan kopi es tak kie jakarta
instagram.com/catatansijamur

Harga per gelasnya dipatok sebesar Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00 saja. Daftar menu kopi es Tak Kie yang bisa kamu pilih adalah:

  • Kopi hitam panas
  • Kopi hitam es
  • Kopi susu panas
  • Kopi susu es

Tentu bukan hanya racikan kopinya saja yang nggak berubah, tapi juga bangunan dan berbagai ornamen di dalamnya yang masih dibiarkan sama. Bagai nongkrong di kedai kopi masa lalu nih!

3. Lokasi Kopi Es Tak Kie

lokasi kopi es tak kie jakarta
instagram.com/chelsetiawan

Lokasi Kopi Es Tak Kie berada di Gang Gloria, Glodok, Jalan Pintu Besar Selatan III No.4-6, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari. Buka dari jam 06:30 hingga 12:30 WIB.

Jam buka dari pagi hari, kedai kopi di Jakarta ini cocok untuk rekomendasi tempat sarapan. Menu makan berat seperti nasi campur dan bakmi ayam halal juga disajikan untuk para pelanggan.

daftar menu kopi es tak kie jakarta
instagram.com/santhiserad_food

Kualitas pada setiap masakannya pun diperhatikan betul. Pengelolah kedai sepakat hanya memasak untuk hari itu saja.

Jadi saat di tengah hari sudah habis, mereka lebih memilih tutup dan buka esok harinya. Jadi harus datang pagi dan cepat bergegas memesan makanan biar perut kenyang.

Gimana nih menurut sobat Qupas soal tempat ngopi sekaligus makanan enak di Jakarta ini? Tentunya bikin kamu seolah ditarik kembali melewati ruang waktu di tahun 90an ya!

0 Comment