Kulit Kesat Setelah Mandi Bukan Pertanda Bersih Loh!

10 November 2018, pada 04:30
0
0
Kulit Kesat Setelah Mandi Bukan Pertanda Bersih Loh!

Mandi adalah sebuah aktivitas membersihkan tubuh yang dilakukan dengan cara mengguyur tubuh dengan air. Umumnya, kebanyakan orang Indonesia akan mandi dua sampai tiga kali dalam sehari, yaitu pagi, sore, bahkan malam hari.

Dalam aktivitas membersihkan badan yang satu ini, setiap orang tidak hanya membutuhkan air saja, tapi juga alat mandi lainnya seperti sabun, sampo, dan sebagainya. Hal itu bertujuan agar tubuh menjadi lebih bersih dan terasa segar.

Kulit Kesat Setelah Mandi Bukan Pertanda Bersih Loh!
dove.com

Sebagai contoh, setelah mandi pasti kamu akan merasakan kesat pada permukaan kulit, kan? Tidak hanya kulit wajah saja, rasa kesat itu akan terasa pada seluruh anggota tubuh yang digosok dengan sabun.

Ya, rasa kesat itu kadang membuat kebanyakan orang menjadi puas dan merasa mandinya berkualitas. Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya anggapan tersebut salah?

Banyak yang mengira jika rasa kesat itu adalah pertanda tubuh sudah bersih dan hilang dari kotoran. Padahal, itu tidak benar. Perlu diketahui, rasa kesat itu muncul karena formula pada sabun mengangkat lapisan pelembap alami kulit.

Kulit Kesat Setelah Mandi Bukan Pertanda Bersih Loh!
bukalapak.com

Ketika pelembap alami kulit terangkat, maka kulit akan menjadi kesat dan kasar. Jadi, bukan kotoran yang membuat kulit lengket, tapi itu adalah minyak atau lapisan pelembap yang sebenarnya melindungi kulit dari gangguan luar.

Tapi ini adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Sebagian orang masih tidak suka dengan efek licin yang diberikan oleh sabun. Mereka justru memilih sabun dengan busa melimpah agar kulit menjadi kesat.

Lantas, apa dampaknya jika pelembap kulit terangkat? Tentu saja kulit menjadi rentan terkena gangguan radikal serta materi asing.

Baca juga: Awas, Inilah 5 Jenis Benjolan Wajah yang Tidak Boleh Dipencet!

Kulit Kesat Setelah Mandi Bukan Pertanda Bersih Loh!
hellosehat.com

Sebab pelembap alami ini fungsinya tidak hanya melembapkan kulit, tapi juga melindungi kulit dari luar. Biasanya, pelembap kulit akan bereproduksi secara alami sehingga posisinya akan terus diperbarui.

Jadi, ketika pelembap kulit terangkat total saat menggunakan sabun, maka butuh waktu sedikit lama untuk membentuk pelembap itu lagi. Akibatnya, kulit akan mudah kering dan muncul bercak-bercak putih.

Jadi, disarankan untuk tidak terlalu menggosok kulit dengan sabun ketika sedang mandi. Gunakan sabun sewajarnya agar pelembap alami pada kulit tidak terangkat total demi menjaga kesehatan kulit.

0 Komentar