Qupas Pop

Kumpulan Berita Seputar Virus Corona Ini Hoax, Hayo Jangan Sampai Percaya!

30 January 2020, at 02:00
1
Kumpulan Berita Seputar Virus Corona Ini Hoax, Hayo Jangan Sampai Percaya!

Sedang ramai diperbincangkan seputar virus corona yang sedang menjangkit hampir sebagian warga di China. Hingga artikel ini ditulis, ada 4.515 orang yang telah terkonfirmasi positif terinfeksi virus tersebut.

Bahkan sudah tercatat sebanyak 17 negara yang mengonfirmasi terinfeksi virus corona. Sebut saja Amerika Serikat, Australia, Perancis, dan Jerman.

Dilansir dari Kompas.com, sudah ada 132 orang yang dinyatakan meninggal karena virus corona. Segala upaya terus dilakukan baik dari pemerintah setempat atau otoritas terkait untuk meningkatkan kewaspadaan pada virus mematikan tersebut.

Virus Corono (Foto: beepdo.com)
beepdo.com

Terlebih karena belum ditemukannya vaksin untuk membunuh virus corona dalam tubuh manusia. Hal itulah yang semakin membuat sebagian warga dunia cemas terhadap virus ini.

Banyaknya berita atau rumor yang beredar di media sosial seiring dengan menjangkitnya virus corona di China juga menambah kekhawatiran masyarakan.

Namun, nggak semua rumor itu harus dipercaya langsung lho. Sebagai pengguna media sosial, kamu perlu mengecek faktanya, Sobat.

Pemeriksaan (Foto: haluanriau.co)
haluanriau.co

Seperti tiga rumor yang berkaitan dengan menyebarnya virus corona dalam satu bulan terakhir ini. Apa saja ya itu? Mari cek faktanya!

1. Virus corona bisa hilang dengan minum air bawang putih?

Minum Air Bawang (Foto: tempo.co)
tempo.co

Pada Senin, 27 Januari 2020, ada akun Facebook Cung Duk Loi Ahok yang memperlihatkan kalau air rebusan bawang putih bisa menyembuhkan pasien di Wuhan.

Disertakan juga sebuah video yang memperlihatkan seorang perempuan memilih bawang putih besar, lalu menggeprek dan mencampurkannya dengan air.

Faktanya, bawang putih memang memiliki kandungan antibakteri dan antivirus. Namun, larutan bawang putih biasanya diminum saat seseorang terkena flu.

Air Bawang Putih (Foto: verywellfit.com)
verywellfit.com

Hanya saja nggak sepenuhnya menyembuhkan flu. Sejumlah penelitian bahkan mengatakan kalau flu biasa nggak bisa disembuhkan hanya dengan air bawang putih saja.

Apalagi virus corona yang lebih parah. Jadi informasi yang disampaikan adalah hoax atau nggak terbukti kebenarannya.

2. Virus corona bisa menyebar lewat ponsel Xiaomi?

Ponsel Xiaomi (Foto: twitter.com/coromodol)
twitter.com/coromodol

Unggahan soal virus corona yang bisa menyebar lewat ponsel Xiaomi memang viral di Twitter. Bahkan sudah 21 ribu kali disukai dan 9 ribu kali dibagikan.

Tweet tersebut lantas membuat resah masyarakat Indonesia. Ketua Umum IDI pun angkat bicara dan menjelaskan kalau virus corona nggak bisa menyebar dari ponsel.

Baca juga: Ini Lho Alasan Mencengangkan dari Tulisan 'Ambulance' yang Terbalik, Sudah Tahu?

Beda kasusnya kalau ponsel itu sudah terpapar cairan tubuh penderita virus corona, kemudian dipegang tanpa cuci tangan. Nah, barulah bisa tertular.

Cairan yang dimaksudkan adalah air liur, bersin, batuk, ingus, darah, dan semacamnya ya. Jadi, sering-sering cuci tangan ya Sobat!

3. Virus corona bisa dibunuh dengan alkohol?

Minum Alkohol (Foto: 1health.id)
1health.id

Belakangan ini juga tersiar kabar kalau virus corona bisa dibunuh dengan alkohol. Hm bener nggak ya?

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan Li Lanjuan tentang penemuan virus corona penyebab SARS pada tahun 2002 silam. Di dalamnya mengungkapkan bahwa virus corona bisa dibunuh. Virus ini nggak bisa bertahan di suhu lebih dari 57 derajat celsius.

Pasien Virus Corona (Foto: thesun.ie)
thesun.ie

Namun, bukan berarti sang penderita harus meneguk alkohol untuk mencegah penularannya. Nggak ada kandungan apapun dalam alkohol yang bisa mematikan virus mematikan ini.

Baca juga: Mengharukan, Begini Kisah Anak 11 Tahun yang Makan 5 Kali Sehari Demi Sang Ayah

Nah, itulah tiga rumor mengenai penyebaran virus corona yang ternyata HOAX atau nggak benar. Pencegahannya bisa dilakukan dengan cara cuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker N95 kemanapun. Dan satu lagi, selalu membiasakan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat.