Labuan Cermin, Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur yang Pesonanya Bikin Susah Move On

09 June 2019, at 04:00
0
0
Labuan Cermin, Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur yang Pesonanya Bikin Susah Move On

Danau Labuan Cermin adalah salah satu bukti Indonesia memang kaya akan pesona, terutama soal pariwisatanya. Airnya tampak jernih bak kristal. Sementara pemandangan alamnya masih tampak asri.

Buat kamu yang pengen liburan ke tempat wisata antimainstream, Labuan Cermin recommended untuk kamu kunjungi. Tapi sebelum itu, simak dulu info berikut ini yuk, biar pengetahuanmu bertambah.

Baca juga: Menelusuri Misteri Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya di Kaltim Sekaligus Kandidat Ibu Kota Negara

1. Danau dengan air super jernih

danau dua rasa
instagram.com/katon_23

Sesuai dengan namanya, air di danau ini memang super jernih sampai seperti cermin atau bahkan kristal. Saking beningnya, ada lapisan yang tampak seperti memantulkan cahaya matahari.

Saat keliling pakai perahu, kamu bisa melihat panotama di dalam air. Mulai dari ikan-ikan kecil, bebatuan, atau bahkan ranting pohon yang ikonik di wisata Kalimantan Timur ini mudah terlihat.

Bukan cuma jernih, arus danau ini sangat tenang dan pastinya aman untuk berenang. Mau snorkeling? Bisa banget kamu lakukan di Labuan Cermin.

2. Danau yang airnya punya dua rasa

labuan cermin
instagram.com/travisburkephotography

Danau Labuan Cermin bukan cuma spesial karena airnya yang jernih. Tapi air di kawasan perairan ini punya dua rasa, yaitu asin di permukaannya. Sedangkan air di dasar danau rasanya tawar.

Ternyata dua jenis air inilah yang bikin danau di Kalimantan Timur tersebut punya lapisan terpisah, sehingga tampak memantul. Memang terlihat dangkal, tapi kamu harus tetap waspada karena kedalamannya bisa mencapai kurang lebih 5 meter.

Baca juga: Gua Kristal, Perairannya Berkilauan dan Bikin Nggak Sabar Nyebur

3. Waktu terbaik liburan ke Labuan Cermin

danau labuan cermin kalimantan timur
instagram.com/gennyardintya

Sebenarnya nggak ada patokan pasti jam berapa kamu harus ada di sini. Tapi pastikan saja untuk datang ke Labuan Cermin tepat saat siang hari saat matahari sedang cerah-cerahnya. Soalnya di waktu ini kamu bisa melihat jernihnya air di danau. Bahkan ranting pohon dan bebatuan di dasarnya pun terlihat jelas.

Sebaliknya, kalau kamu datang ke sini saat pagi sekali atau kesorean, dimana matahari sedikit redup, penampakan danau ini warnanya hijau toska kebiruan. Jadi seperti nggak ada istimewanya sama sekali.

4. Cara ke Danau Labuan Cermin

danau labuan cermin
instagram.com/sheilanadhifa

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Wisata alam ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kaltim.

Untuk mencapai lokasi danau, kamu perlu menyewa kapal dari dermaga dengan estimasi harga sewa Rp200.000,00 (pulang-pergi). Kalau pengen lebih murah, kamu bisa berangkat bareng rombongan.

danau dua rasa kalimantan timur
instagram.com/jelajah.indonesia

Yap! Danau Labuan Cermin memang layak dibilang surga tersembunyi. Mulai dari kejernihan air bak kristal, nuansa alamnya yang masih asri, serta keunikan lain yang ada di destinasi ini adalah alasan utama kenapa kamu wajib datang ke sini, minimal sekali seumur hidup.

Tapi ingat, jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian wisata danau di Kalimantan Timur ini ya, Sobat! Caranya dengan nggak buang sampah sembarangan atau melakukan hal-hal yang berpotensi merusak lingkungan sekitar.

0 Comment