Qupas Travel

Labuhan Mangrove Education Park, Wisata di Madura yang Bikin Kamu Makin Pintar

29 December 2019, at 04:00
1
Labuhan Mangrove Education Park, Wisata di Madura yang Bikin Kamu Makin Pintar

Bicara soal pariwisata di Bangkalan, Madura, mungkin banyak traveler yang bakal teringat Bukit Jaddih. Pesona destinasi ini memang mampu memikat banyak traveler, baik dari dalam maupun luar daerah.

Padahal, selain wisata bukit tersebut, sebenarnya Kabupaten Bangkalan masih punya tempat wisata yang worth it buat dikunjungi. Sebut saja Labuhan Mangrove Education Park.

Dikenal juga sebagai Mangrove Labuhan, tempat wisata di Madura ini bukan cuma memanjakan mata karena panorama alamnya. Banyak hal menarik yang bakal kamu dapat juga, lho. Apa saja sih?

1. Wisata edukasi baru di Bangkalan

taman pendidikan mangrove
instagram.com/miftahikmaaah

Sesuai dengan namanya, wisata mangrove ini memang berbasis edukasi. Destinasi di Madura ini dibangun sejak tahun 2013 oleh kolaborasi Pemerintah Kabupaten Bangkalan, PT Pertamina Hulu Energy West Madura Offshore (PHE WMO), dan Universitas Trunojoyo Madura.

Namun, Taman Pendidikan Mangrove (TPM) ini baru resmi diluncurkan pada awal Agustus 2019 lalu.

2. Bekas tambak yang kini kian memesona

labuhan mangrove education park
instagram.com/bang_tora

Sebelumnya, area pantai Labuhan tanaman bakau pernah tumbuh subur sekitar tahun 1980-an. Kemudian di tahun 1990-an menjadi area tambak udang windu.

Dibukanya tambak inilah kualitas ekosistem pesisir pantai mulai menurun. Bakau yang awalnya melindungi kawasan Labuhan dari abrasi, intrusi air asin, hingga angin kencang, fungsinya pun mulai menurun.

jembatan labuhan mangrove education park
instagram.com/nenkzieldha

Pantai mulai mengalami abrasi, sumur-sumur perumahan warga menjadi payau bahkan asin, hingga produksi perikanan juga menurun.

Adanya semua permasalahan tersebut pun membuat pihak Pertamina berinisiatif untuk membuat warga menanam bakau dan cemara laut pada tahun 2013.

Sampai akhirnya, area tersebut kini semakin memesona. Nggak heran kalau tempat liburan sekaligus taman edukasi ini mulai digandrungi traveler.

Baca juga: Pulau Kangean, Surga Baharinya Pulau Madura

3. Ada apa saja di Mangrove Labuhan?

camping taman mendidikan mangrove labuhan
instagram.com/maiirrrrrr

Labuhan Mangrove Education Park atau Taman Pendidikan Mangrove Labuhan berdiri di atas lahan pesisir dengan luas sekitar 12 hektar. Di kawasan ini, tumbuh lebih dari 10.000 pohon bakau.

Selain itu, di wisata Madura ini ada pohon cemara, budidaya pepaya california, budidaya kambing etawa, budidaya kepiting soka, lahan pembibitan bakau dan cemara, saung, hingga camping ground.

Terdapat pula bangunan seperti rumah khas Kalimantan yang sebagian digunakan sebagai penginapan. Area tracking sepanjang 350 meter yang membelah hutan mangrove seperti di Bee Jay Bakau Resort (BJBR) di Probolinggo juga tersedia di sini.

4. Tempat singgah burung migran dari sejumlah negara

numenius phaeopus
instagram.com/oskar_btto

Selain berujung ke pantai, ujung area tracking atau jembatan di Taman Pendidikan Mangrove ini adalah menara setinggi 10 meter. Menara tersebut pun bakal dibuka kalau musim burung singgah tiba.

Diketahui, keberadaan hutan mangrove membuat ratusan hingga ribuan burung migran dari Alaska dan Siberia dengan tujuan Australia singgah pada bulan-bulan tertentu. Jenis-jenis unggas tersebut meliputi:

  • Gajahan Pengala (Numenius phaeopus)
  • Cerek (Charadrius Sp.)
  • Trinil Kaki Merah (Tringa totanus)

Ada pula burung pantai, seperti trinil Pantai (Actytis hypoleucos), Cangak Merah (Ardea purpurea), dan Kuntul Kecil (Egretta garzetta) di tempat wisata Madura ini.

5. Lokasi dan tiket masuk Labuhan Mangrove Education Park

taman pendidikan mangrove bangkalan
instagram.com/lusiana9162

Secara administratif, lokasi Labuhan Mangrove Education Park berada di Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu. Jaraknya sekitar 40 kilometer  dari utara Kota Bangkalan sebelum Pantai Siring Kemuning.

Untuk sementara ini, masih belum ada tiket masuk ke Taman Pendidikan Mangrove. Tapi khusus untuk yang pengen camping di sini, wajib menyediakan budget Rp5 ribu. Eits, info ini bisa berubah sewaktu-waktu ya!

Well, Labuhan Mangrove Education Park ternyata punya banyak keistimewaan. Gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi wisata edukasi di Pulau Madura ini?