Ladies Harus Tahu, ini Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Benar

05 December 2018, at 09:00
1
0
Ladies Harus Tahu, ini Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Benar

Dari beberapa cara untuk membersihkan area ketiak seperti waxing atau mencabut bulu ketiak, mencukurnya adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan. Alasannya? Karena cara ini lebih mudah, murah, cepat, dan tak menyakitkan.

Mencukur bulu ketiak dilakukan wanita secara rutin karena bulu ketiak yang lebat bisa mengurangi rasa percaya diri. Apalagi bagi wanita yang hobi memakai baju tanpa lengan alias sleeveless. Kamu termasuk salah satunya?

Tapi ladies, apakah kamu yakin sudah mencukur dengan benar? Membersihkan bulu ketiak dengan cara yang salah bisa membuat kulit di area ini menghitam bahkan menimbulkan luka lho.

Nah supaya nggak salah lagi, yuk simak cara mencukur bulu ketiak dengan baik dan benar berikut ini.

1. Membersihkan Ketiak

membersihkan ketiak
beautysauce.com

Sebelum memulai ritual mencukur, pastikan area ketiak dalam keadaan bersih. Supaya lebih nyaman dan mudah, gunakan air hangat.

Langkah ini akan membuat kulit lebih nyaman dan tak merinding yang bisa membuat terluka saat dicukur. Selain itu, sisa deodoran atau kotoran lainnya bisa terangkat dan hasil cukur akan lebih maksimal.

2. Menggunakan Gel untuk Melembabkan Ketiak

menggunakan gel untuk melembabkan ketiak
beautysauce.com

Supaya proses mencukur berjalan lancar dan hasilnya mulus, kamu harus melembabkan kulit ketiak terlebih dahulu. Yang paling umum dilakukan adalah dengan mengaplikasikan gel khusus yang dijual di pasaran.

Namun sebagai alternatifnya, kamu bisa juga menggunakan lotion pembersih, sabun, shampo, atau kondisioner. Selain membuat hasilnya lebih mulus, langkah ini akan mengurangi risiko lecet karena alat cukur.

3. Angkat Tangan ke Atas Kepala

angkat tangan ke atas kepala ketika mencukur bulu ketiak
beautysauce.com

Untuk memudahkan proses mencukur, angkat tangan ke atas kepala atau hingga menyentuh telinga. Posisi ini akan merengganggkan kulit ketiak dan melancarkanmu dalam bercukur.

Selain itu, langkah ini juga menghindarkan kulitmu dari risiko terluka karena alat cukur.

4. Gerakkan Pisau Cukur Secara Benar

gerakan pisau cukur
beautysauce.com

Gerakan pisau cukur yang benar adalah searah dengan pertumbuhan bulu. Pertama, lakukan pencukuran dari atas ke bawah. Kemudian kamu bisa melakukannya dari arah berlawanan.

Hal ini karena bulu ketiak tumbuh dengan arah yang berbeda-beda. Namun pastikan untuk tidak menekan alat cukur terlalu kuat. Supaya tak meninggalkan bekas kemerahan dan terasa perih.

Baca juga: 5 Penyebab Bau Ketiak yang Mungkin Jarang Kamu Dengar

5. Bilas Pisau Cukur                   

membilas pisau cukur
beautysauce.com

Selama proses mencukur, jangan lupa untuk membilas alat yang digunakan setelah satu kali gores. Hal ini agar helaian bulu tak menumpuk pada pisaunya dan membuat hasil cukur kurang sempurna.

6. Ulangi Langkah yang Sama

mencukur ketiak
beautysauce.com

Apabila satu sisi ketiak sudah benar-benar mulus terbebas dari bulu, saatnya berpindah ke ketiak yang sebelah. Pastikan untuk melakukan langkah yang sama.

7. Bilas dan Keringkan Kedua Ketiak

mengeringkan ketiak
beautysauce.com

Setelah proses mencukur, pasti akan ada sisa busa dan bulu yang menempel pada ketiak. Maka dari itu bersihkan kedua belah ketiak dengan air bersih hingga benar-benar tuntas.

Setelah itu keringkan dengan handuk.

8. Aplikasikan Pelembab

mengaplikasikan pelembab pada ketiak
beautysauce.com

Setelah proses mencukur selesai dan ketiak sudah dibilas, banyak wanita yang menganggap ritualnya telah usai. Eits, masih ada satu langkah terakhir yang sangat penting untuk dilakukan lho.

Kulit ketiak yang baru saja dicukur akan menjadi sensitif, jadi sebaiknya gunakan pelembab setelah kamu mengeringkan area ini. Fungsinya supaya terhindar dari risiko iritasi akibat gesekan pisau cukur.

Dan sekedar tips, baiknya untuk bercukur saat malam hari, supaya kulit punya waktu istirahat sebelum terkena deodoran.

Nah, sudah tahu kan sekarang bagaimana cara mencukur yang baik dan benar supaya terhindar dari ketiak hitam? Selamat mencoba langkah mudah di atas untuk hasil cukur yang mulus dan sehat.

0 Comment