Ladies, Inilah Penyebab Bibir Hitam yang harus Kamu Hindari dari Sekarang

15 December 2018, at 02:00
2
0
Ladies, Inilah Penyebab Bibir Hitam yang harus Kamu Hindari dari Sekarang

Salah satu alasan para wanita untuk selalu memoleskan lipstik adalah untuk menutupi bibir hitam. Ya, warna bibir yang gelap seringkali akan mengurangi kepercayaan diri.

Padahal kamu merasa sudah melakukan perawatan untuk mendapatkan rona alami pada bibir. Namun faktanya, bibir yang gelap tetap sulit untuk dihilangkan.

Tahukah kamu, kesalahan mungkin bukan terletak pada perawatan yang dilakukan. Karena penyebab bibir hitam bisa datang dari hal yang sangat sepele dan mungkin kamu lakukan setiap hari.

Lalu apa saja ya kira-kira penyebab warna bibir menjadi menghitam? Yuk simak berikut ini!

1. Tidak Membersihkan Sisa Lipstik

tidak membersihkan sisa lipstik
livinggorgeous.com

Salah satu penyebab warna bibir menghitam yang sering diabaikan adalah sisa lipstik yang tidak dibersihkan dengan tuntas. Bahan kimia pada lipstik bila dibiarkan terlalu lama akan mengubah pigmen bibir menjadi gelap.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu membersihkan lipstik yang menempel di bibir dengan sempurna sebelum kamu tidur di malam hari.

2. Mengabaikan Nutrisi Makanan saat Diet

kurang nutrisi makanan saat diet
healthline.com

Diet yang kurang baik seringkali menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan. Salah satunya adalah asupan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh bibir.

Supaya terhindar dari warna bibir yang gelap, penuhi kebutuhan gizi tubuhmu serta perbanyak konsumsi buah dan sayur.

3. Dehidrasi

perempuan yang dehidrasi
runnersworld.co.uk

Dehidrasi akan membuat tubuh, termasuk bibir kehilangan kelembabannya. Bila hal ini terjadi, tekstur bibir akan menjadi kering, pecah-pecah, dan warnanya semakin gelap.

Untuk itu, jangan lupa memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas per hari.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

perempuan minum kopi
wordpress.com

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh dalam porsi yang pas akan mendatangkan manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Tapi bila terlalu banyak, ternyata bisa membuat bibir menjadi hitam.

Pasalnya, kafein termasuk zat diuretik yang akan membuatmu sering buang air kecil. Bila konsentrasi zat ini terlalu banyak, tubuhmu bisa mengalami dehidrasi yang berimbas pada warna bibir menjadi gelap.

Baca juga: 8 Bahan Alami Untuk Memerahkan Bibir Secara Cepat, Harus Coba!

5. Paparan Sinar Matahari

wanita terkena paparan sinar matahari
popsugar-assets.com

Bibir adalah bagian yang paling berpeluang untuk mengalami hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Kondisi ini terjadi ketika produksi melanin terlalu banyak dan menyebabkan warnanya menjadi gelap.

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa menggunakan pelembab bibir atau lip balm yang mengandung SPF. 

6. Sering Menjilat Bibir

wanita menjilat bibir
istockphoto.com

Menjilat bibir adalah hal sepele yang ternyata berdampak buruk pada kesehatan bibir. Sebab, kebiasaan ini akan membuat bibir semakin kering dan apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, warnanya bisa berubah menjadi gelap.

Jadi, bagi kamu yang secara tidak sadar masih sering melakukan hal ini, hentikan dari sekarang ya.

7. Merokok

wanita yang merokok
allaboutwomenmd.com

Kalau kamu masih sering merokok, baiknya kebiasaan buruk ini dihentikan dari sekarang. Selain berimbas buruk pada kesehatan, merokok akan membuat gigi menguning dan warna bibir jadi hitam.

Pigmen bibir yang menjadi gelap ini disebabkan oleh kandungan nikotin yang ada di dalam rokok. Usaha untuk membuat warna bibir kembali merona tentunya bakalan mustahil kalau kebiasaan ini belum bisa kamu hentikan.

8. Kurang Merawat Bibir

wanita merawat bibir
independent.co.uk

Seperti wajah, bibir juga membutuhkan perawatan ekstra. Apalagi kalau setiap hari kamu menggunakan lipstik.

Supaya warna bibirmu tetap merona alami, jangan pernah malas untuk menggunakan lip balm secara teratur. Selain itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi bibir setidaknya dua kali dalam seminggu.

Hal ini untuk mencegah sisa lipstik menumpuk dan agar sel-sel kulit mati pada bibir bisa terangkat.

Nah, itulah sekian penyebab warna bibir menjadi hitam yang begitu sepele dan sering diabaikan. Supaya bibirmu bisa merona alami, hindari berbagai kebiasaan buruk tersebut dan jagan lupa untuk merawatnya setiap hari.

0 Comment