Ladies, Inilah yang Akan Kamu Alami Kalau Sering Menahan Kencing!

10 October 2018, at 09:22
0
0
Ladies, Inilah yang Akan Kamu Alami Kalau Sering Menahan Kencing!

Kencing merupakah sebuah kebutuhan yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Kencing adalah sebuah kondisi alamiah dengan frekuensi tertentu yang tidak bisa diatur.

Karena sifatnya yang alamiah, maka aktivitas yang satu ini tentu saja memiliki berbagai manfaat, seperti membuang limbah serta racun yang tidak berguna bagi tubuh.

Jadi, sebenarnya kencing adalah sebuah kondisi yang baik bagi kesehatan. Dengan begitu, jangan pernah untuk menahan-nahan kencing agar semua limbah serta racun dapat dikeluarkan dari tubuh.

Lebih dari itu, kamu akan mengalami beberapa hal buruk ketika sering menahan kencing. Apa saja hal buruk tersebut? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut diantaranya.

1. Masalah Kandung Kemih

kandung kemih
hellosehat.com

Risiko yang paling besar saat kamu sering menahan kencing adalah terjadinya masalah pada kandung kemih. Masalahnya pun bervarian, mulai dari pembengkakan sampai peradangan. Hal itu terjadi ketika kandung kemih sudah tidak bisa menampuing cairan sehingga membuatnya bekerja ekstra.

2. Infeksi Saluran Kencing

infeksi saluran kencing
beritautama.net

Risiko yang cukup mengerikan lainnya adalah infeksi saluran kencing. Hal ini terjadi akibat bakteri yang berkumpul di sekitar uretra. Ketika air kencing tidak dikeluarkan, maka bakteri-bakteri tersebut cenderung akan masuk lagi dan menyebabkn terjadinya infeksi.

3. Batu Ginjal

batu ginjal
hellosehat.com

Selanjutnya, kamu juga lebih berisiko terkena batu ginjal. Hal ini dikarenakan materi dan limbah yang tidak segera dibuang akan menumpuk sehingga membentuk mater-materi kecil berupa batu yang menghambaat laju cairan.

Baca juga : Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?

4. Gagal Ginjal

gagal ginjal
obatbatuginjalalami.my.id

Lebih dari batu ginjal, kebiasaan menahan kencing juga bisa membuatmu terkena gagal ginjal dan harus dioperasi. Saat sudah sampai taraf ini, maka cukup sulit untuk disembuhkan seperti sedia kala kembali. Ciri-ciri gejala awal gagal ginjal adalah sering nyeri dada, pinggang, feses berdarah, memar, dan perubahan suasana hati.

5. Katup Sfingter Rusak

nahan kencing
akamaized.net

Perlu diketahui sebelumnya, sfingter adalah sebuah sistem yang fungsinya untuk mengeluarkan urin dari dalam tubuh. Nah, ketika kamu menahan kencing dalam waktu lama dan terlampau sering, maka katup dari sfingter ini akan menjadi rusak. Ketika sudah rusak, maka air kencing tidak akan bisa dikeluarkan secara sempurna dari dalam tubuh.

6. Infeksi Kelamin

infeksi kelamin
zedorilseven.com

Risiko berbahaya lainnya adalah terjadi infeksi pada kelamin. Di mana, kelamin akan menjadi luka sehingga ketika mengeluarkan kencing akan terasa nyeri disertai sensasi panas. Jika terus dibiarkan seperti ini, bisa menyebabkan masalah serius dikemudian hari.

7. Selang Bocor

nahan kencing
hellosehat.com

Maksud dari selang bocor ini adalah terjadi kerusakan pada alat pembuangan kencing. Ketika alat tersebut sudah rusak, maka kamu tidak akan bisa menahan kencing lagi, alias ngompol. Setiap keinginan kencing datang, maka kamu tidak bisa menahannya dalam waktu lama.

Itulah beberapa risiko dan bahaya ketika kamu terlalu sering menahan kencing. Mulai sekarang jangan diulangi lagi, ya!

0 Comment