Lagi-lagi Heboh, China Bangun Kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Seperti Ini

30 May 2019, at 02:00
1
0
Lagi-lagi Heboh, China Bangun Kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Seperti Ini

Apa yang terlintas dipikiranmu seputar negara China? Bisa jadi tentang teknologi, kuliner, dan hewan pandanya yang lucu.

Nah, setelah menggemparkan dunia sejak pembuatan bulan tiruan. Kini Negeri Tirai Bambu itu kembali diperbincangkan banyak orang di seluruh dunia.

plts panda lucu di china
undp.org

Itu karena pembuatan sebuah komplek pembangkit listrik tenaga surya atau yang biasa disingkat dengan PLTS memiliki bentuk yang menggemaskan.

Dibuat di daerah Datong, provinsi Shanxi, gabungan panel surya yang memiliki luas sekitar 248 hektar tersebut memiliki bentuk hewan panda yang gemesin banget.

China memang sedang berusaha untuk mengganti bahan bakar listrik batubara ke tenaga surya. Tentu, memanfaatkan tenaga surya bisa menjadi lebih ramah lingkungan.

plts di china
pandagreen.com

Seperti dalam pengerjaan PLTS ini, pemerintah setempat menjalin kerja sama dengan perusahaan China Merchants New Energy Group dan United Nation Developer Program.

Membuat panel-panel surya yang sengaja memilih warna putih dan hitam. Nggak sembarangan memilih karena bagian hitamnya dilapisi dengan panel surya bersilikon kristal tunggal.

Baca juga : Ingin Tandingi Tuhan, China Bikin Bulan Buatan! Wah, untuk apa ya?

Kalau untuk lapisan bagian putihnya terdiri dari panel surya film yang tipis. Kedua warna panel surya inilah yang dirangkai menjadi bentuk badan panda. Masa pengerjaannya sudah dimulai sejak bulan November 2016 yang lalu.

Nantinya PLTS panda ini akan mengalihkan energi batubara ke energi tabarukan. Pada tahap pertama, PLTS bisa menghasilkan daya hingga 50 MW.

plts panda
pandagreen.com

Listrik ini bisa menerangi wilayah bagian barat laut China. Jika sudah optimal, PLTS tersebut bahkan bisa menghasilkan daya mencapai 100 MW.

Pastinya sih, dengan daya sebesar itu PLTS panda akan bisa menyediakan listrik ramah lingkungan hingga 3,2 miliar kilowatt per jam dalam 25 tahun. Keren nggak tuh?

Bentuk lucu nan menggemaskan layaknya taman bermain ini juga menjadi cara kampanye untuk para generasi muda yang ada di China.

plts panda di china
chinatopix.com

Tujuannya agar mereka sadar dan pentingnya menggunakan energi ramah lingkungan. Nantinya, akan ada banyak lagi bentuk PLTS hewan yang nggak kalah bikin sobat Qupas gemes.

Topics:

0 Comment