Lagi Viral Isu Virus JE Mewabah di Bali, Hoax Atau Fakta?

13 November 2018, at 03:59
1
0
Lagi Viral Isu Virus JE Mewabah di Bali, Hoax Atau Fakta?

Belakangan ini banyak tersebar informasi yang mengatakan jika virus JE (Japanese Encephalitis) sedang mewabah di Bali. Informasi tersebut begitu cepat menyebar, tiba-tiba sangat viral dan membuat geger banyak warga Bali.

Keresahan itu menguat ketika informasi tersebut juga tersebar di media sosial seperti Facebook. Kabar punya kabar, sebelum kemunculan isu penyebaran ini beredar, pemerintah Australia mengeluarkan peringatan kepada warganya yang ingin mengunjungi Indonesia, khususnya ke Bali.

virus je
pexels.com

Dilansir dari laman CNN, bahkan dalam situs traveling, yaitu smartraveller.gov.au ditekankan agar warga Australia berhati-hati terhadap virus yang satu ini karena cukup mematikan. Nah, berangkat dari keresahan serta kecemasan warga Bali akan isu penyebaran virus JE, membuat Kemenkes angkat bicara.

Menurut Kemenkes, informasi tersebut tidak benar adanya dan diimbau agar warga tidak percaya serta tidak perlu cemas lagi. Sebab, sepanjang tahun 2018 hanya ada satu kasus JE, itupun berhasil ditangani alias tidak ada korban nyawa.

Baca juga: Koma Selama 4 Bulan, Wanita ini Akhirnya Tersadar Setelah Mendengar Lagu Taiwan

nyamuk je
pexels.com

Perlu diketahui, JE adalah virus berbahaya yang bisa menyerang siapa saja, khususnya balita. Adapun penyebaran dari virus ini bisa dari nyamuk, burung liar, dan babi. Namun penyebarannya dilakukan oleh nyamuk culex. Nyamuk culex sendiri adalah spesies yang sama dengan penular bakteri filariasis, atau kaki gajah.

Karena begitu berbahaya virus yang satu ini, maka warga diimbau agar tetap menjaga kesehatan dengan memerhatikan kebersihan lingkungan. Apalagi di musim hujan begini, tentu saja banyak tempat atau ruang yang dijadikan sarang oleh nyamuk-nyamuk penyebar virus.

0 Comment