Lahangan Sweet, 'Segara Gunung' di Bali Timur yang Pesonanya Bikin Mata Nggak Berkedip

01 October 2019, at 15:00
0
0
Lahangan Sweet, 'Segara Gunung' di Bali Timur yang Pesonanya Bikin Mata Nggak Berkedip

Lahangan Sweet mungkin masih asing buat sebagian besar orang. Wajar sih, apalagi tempat ini terbilang baru 'ditemukan'.

Terletak di Karangasem, Lahangan Sweet menyimpan potensi alam berupa gunung, perbukitan serta pemandangan samudera yang bakal tersaji di hadapanmu.

Bukan cuma itu saja. Tempat wisata di Bali Timur ini juga nggak lepas dari kisah penemuan serta beberapa fakta menarik lainnya. Apa saja itu?

1. Kisah di balik 'penemuan' Lahangan Sweet

lahangan sweet gulinten
instagram.com/w_sutha

Munculnya Lahangan Sweet sebagai wisata baru di Bali ini nggak terlepas dari Kisah Ketut Marianta. Ia adalah seorang anak yang harus menempuh jarak sekira 20 kilometer agar bisa sampai di sekolah.

Saat itu Marianta masih duduk di kelas 6 SD. Selama kurang lebih 6 jam, ia rela bolak-balik dari rumah ke sekolah dengan melewati perbukitan, kadang juga harus menembus kabun yang pekat.

lahangan sweet karangasem
instagram.com/liya_mariyantini

Lalu melalui 'mata tajam' Agus Windha, seorang relawan Bali, destinasi ini pun mulai dibenahi. Fyi, tempat tersebut mulai ditemukan saat banyak orang melakukan napak tilas terhadap perjalanan Ketut Marianta dari rumah ke sekolah dengan melewati bukit-bukit yang cantik.

Menariknya lagi, salah satu dari dua bukit yang dilintasi Marinta selama 6 tahun pulang pergi ke sekolah, diberi nama Bukit Marianta oleh sang relawan. Letaknya bersebelahan dengan Lahangan Sweet.

2. Dulu dilupakan, sekarang disayang

lahangan sweet bali
instagram.com/duksuu_04

Dulu tempat ini bukan apa-apa. Bahkan lahan di sini termasuk tandus yang ditumbuhi rerumputan. Itupun tumbuhnya cuma sementara. Setelah musim hujan berlalu, rumput bakal cepat kering dan nggak bisa dijadikan pakan ternak.

Area ini seolah terlupakan kalau warga setempat nggak mencari rumput untuk pakan ternak. Tapi itu dulu, beda dengan sekarang. Setelah ditemukan dan dibenahi, Lahangan Sweet, begitu namanya sekarang, mulai digandrungi wisatawan.

3. 'Segara gunung' di Bali Timur

lahangan sweet
instagram.com/w_sutha

Lahangan Sweet memang istimewa. Di sini kamu bisa menyaksikan matahari terbit sekaligus tenggelam. Suasananya sunyi, cocok buat mereka yang bersiap untuk lari dari kerawaian. Pemandangan sawah, perbukitan, hingga lautan menyatu di sini.

Dari lahan yang dulu tandus ini, panorama menakjubkan seperti hamparan sawah di Berina dan Kangkahang, Gunung Agung, dan Gunung Rinjani di seberang laut timur tersaji di hadapanmu. Begitu pula dengan pemandangan Pantai Amed-Bunungan yang juga siap memanjakan mata.

Baca juga: Pantai Amed, Surganya Para Pecinta Olahraga Bawah Laut di Bali

4. Wisata murah di Bali

camping lahangan sweet
instagram.com/lahangan_sweet

Destinasi di Bali Timur ini termasuk wisata murah. Tiket masuknya pun belum ditentukan dan kamu cuma perlu menyumbangkan dana secara sukarela. Di sini sudah tersedia kotak punia yang bisa diisi suka rela oleh pengunjung.

Meski murah, fasilitas yang tersedia sudah lumayan. Ada air hingga genset yang disiagakan buat menerangi kegiatan perkemahan. Kamar mandi pun sudah tersedia. Beberapa fasilitas lain yang bisa kamu nikmati di sini ada 2 spot selfie, 2 bale sekepat, dan beberapa tempat duduk.

5. Cara ke Lahangan Sweet

wisata lahangan sweet
instagram.com/edellweis_louise

Lahangan Sweet terletak di ujung timur Pulau Bali. Tepatnya di Banjar Dinas Gulinten, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem. Letaknya nggak terlalu jauh dari Pura Lempuyangan, yaitu sekira 4 kilometer ke arah utara.

Gimana, tertarik mengunjungi salah satu wisata terbaru di Bali Timur ini? Berikan dana suka rela yang sepantasnya saat masuk ke sini. Karena dengan retribusimu, maka itu artinya kamu juga ikut berperan dalam mengembangkan wisata Bali ini serta turut menyejahterakan anak-anak selain Marianta. Kuy berbagi!

0 Comment