Lalu Muhammad Zohri, Tidak Dijagokan Tapi Berhasil Bawa Pulang Medali Emas

13 July 2018, at 13:05
2
1
Lalu Muhammad Zohri, Tidak Dijagokan Tapi Berhasil Bawa Pulang Medali Emas

Kabar baik dari dunia atletik datang bagi Indonesia beberapa waktu lalu. Indonesia berhasil menorehkan namanya lewat Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia dengan mengukuhkan nama Lalu Muhammad Zohri sebagai pemenang lomba lari 100 meter putra. Keberhasilannya ini merupakan mendali emas pertama Indonesia pada ajang kompetisi bergengsi ini.

 

Dalam kompetisi tersebut, Zohri berhasil mencapai garis finish dalam waktu 10,18 detik mengungguli sprinter asal Amerika Serikat yaitu Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Atlet berusia 18 tahun tersebut berhasil menang dengan jarak 0,4 detik dengan dua pelari di belakangnya. 

 

Kemenangan Zohri ini menjadi catatan baru sejarah dunia atletik Indonesia. Pasalnya, Indonesia memang belum pernah menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 sejak kompetisi ini digelar 32 tahun lalu. Selain memenangkan kompetisi, Zohri juga mencetak rekor sebagai pelari tercepat dalam cabang olahraga lari 100 meter dalam negeri dengan catatan waktu 10,18 detik. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Suryo Agung Wibowo dengan waktu 10,19 detik.

Kemenangan Muhammad Zohri

spikes.iaaf.org

Menariknya, tim Indonesia sebenarnya tidak menyangka akan berhasil membawa pulang medali emas. Siapa sangka ternyata pria asal Lombok ini malah berhasil finish di urutan pertama. Alhasil, tim Indonesia ternyata belum menyiapkan bendera untuk merayakan kemenangan Muhammad Zohri. Tidak seperti pelari lainnya yang akan langsung diberi bendera negaranya setelah mencapai finish, Zohri malah harus menunggu terlebih dulu untuk beberapa saat. Bahkan saat sesi foto pun bersama dua pelari asal Amerika, Zohri tampak belum mendapatkan bendera.

 

Anggota Komisi X DPR yang membidangi olahraga, Ferdiansyah, berharap bahwa kedepannya keberangkatan tim Indonesia ke kejuaraan dunia harus lebih optimis dan lebih siap untuk menghindari kejadian serupa. Kalaupun dianggap memiliki peluang yang kecil, semua tetap harus sudah siap.

breakingnews.co.id

Apresiasi terus mengalir atas kemenangan gemilang ini. Salah satunya dari pihak TNI AD yang menyebutkan akan memberikan peluang dan prioritas kepada Lalu Muhammad Zohri untuk bergabung melalui jalur khusus sebagai Bintara TNI AD setelah lulus SMA nanti. Tidak berhenti sampai di situ saja, pihak TNI juga akan merehab rumah Zohri yang diketahui tinggal di rumah gubuk bambu sederhana di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

 

Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat serta turut bangga atas kemenangan Zohri. Bahkan beliau telah menginstruksikan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok sebagai bentuk apresiasinya. Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa rencananya Zohri akan diundang ke istana presiden.

 

Kini, atlet sprinter berbakat tersebut tengah bersiap untuk kejuaraan selanjutnya yaitu Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. Selamat untuk Lalu Muhammad Zohri atas kemenangannya di Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 dan semoga kembali menorehkan kesuksesan di kejuaraan selanjutnya!

1 Comment
Arinta Bayu
20/07 - 14:41
Sayangnya bendera yang diangkat oleh Zahri itu bukan bendera Indonesia yang sebenarnya :(