Lancarkan Pencernaan Hingga Cegah Kanker, Ini Manfaat Daun Binahong yang Perlu Diketahui

18 November 2019, at 10:00
0
0
Lancarkan Pencernaan Hingga Cegah Kanker, Ini Manfaat Daun Binahong yang Perlu Diketahui

Binahong merupakan sejenis tanaman obat yang banyak tumbuh di negera tropis. Di Indonesia sendiri, daun binahong seringkali dimanfaatkan untuk pengobatan herbal atau alami.

Tanaman tersebut biasanya dikonsumsi dengan cara direbus dan diminum ekstraknya karena dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Daun binahong sendiri mengandung zat besi, kalsium, protein, fosfor, kalium, vitamin A, B, dan C, lutein, serta beta karoten. Untuk lebih jelasnya, berikut ini Qupas rangkum manfaat binahong bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Melancarkan Pencernaan

manfaat binahong
medicalnewstoday.com

Manfaat daun binahong yang pertama adalah melancarkan perncernaan. Mengandung serat yang cukup tinggi di dalamnya, tanaman tersebut berperan penting dalam mengatasi kembung, sembelit, serta gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, serat juga dapat memperlambat penyerapan gula dalam darah yang dapat menurunkan resistensi insulin serta menyebabkan gangguan metabolisme. Nutrisi tersebut juga akan membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga cocok sebagai pendukung program diet.

2. Mencegah Kanker

manfaat daun binahong
speakwoods.blogspot.com

Daun binahong merupakan sumber antioksidan seperti betakaroten, lutein, dan zeaxanthin yang dapat menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Tanaman tersebut juga mengadung vitamin C yang sejak lama sudah dikenal sebagai antioksidan kuat pelawan radikal bebas.

Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa kandungan vitamin A dan flavonoid di dalamnya dapat mencegah kanker paru-paru.

3. Menyehatkan Jantung

binahong untuk mencegah sarangan jantung
shutterstock.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, binahong kaya akan serat dan antioksidan penting sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Antioksidan dapat mencegah kerusakan otot jantung, arteri, dan saraf yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan tersebut juga efektif dalam menurunkan kolesterol jahat penghambat aliran darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Selain itu, kandungan kalium dapat daun binahong juga baik untuk mempertahankan kadar cairan darah, mengontrol detak jantung, serta tekanan darah.

Baca Juga: Selain Polusi, Ini 6 Penyebab Lain Serangan Jantung yang Jarang Diketahui

4. Menajamkan Ingatan dan Menyehatkan Otak

manfaat binahong untuk kesehatan
istockphoto.com

Manfaat binahong lainnya adalah dapat menajamkan ingatan. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan folat dan vitamin B-kompleks lainnya di dalamnya.

Selain itu, binahong juga kaya akan tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B yang diklaim memiliki peranan penting dalam hal kesehatan mental.

5. Mencegah Penuaan Dini

manfaat binahong untuk kecantikan
macaron.tw

Penuaan memang merupakan proses alami tubuh, akan tetapi hal tersebut dapat dipercepat dengan adanya radikal bebas yang merupakan sel-sel kulit.

Kaya akan betakaroten, zeaxanthin, lutein, serta vitamin A dan C membuat daun binahong bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat daun binahong yang mungkin belum kamu ketahui. Wah, bisa menjadi alternatif pengobatan yang murah nih!

0 Comment