Langsung Tidur Setelah Makan, Bagaimana Dampaknya bagi Kesehatan?

27 January 2019, at 07:00
0
0
Langsung Tidur Setelah Makan, Bagaimana Dampaknya bagi Kesehatan?

Banyak orang memilih untuk langsung tidur setelah makan. Padahal hal ini tidak baik bagi kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Setelah makan, lambung akan mengolahnya menjadi energi. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam sebagai jarak tidur setelah makan.

Selain membuat kualitas istirahat menjadi buruk dan tidak optimal, ini bahaya tidur setelah makan yang perlu diwaspadai.

1. Obesitas

obesitas bahaya tidur setelah makan
independent.co.uk

Pernah tidak mendengar peringatan bahwa tidur setelah makan bikin gemuk? Tidak hanya masalah ini, bahaya tidur setelah makan yang pertama adalah obesitas.

Kondisi ini terjadi karena asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak terbakar oleh adanya aktivitas. Hasilnya, kalori tersebut justru menjadi lemak dan menumpuk dalam tubuh tanpa adanya pembakaran.

2. Diabetes

bahaya tidur setalah makan diabetes
shutterstock.com

Diabetes merupakan risiko lanjutan dari adanya lemak yang menumpuk pada tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan tidur setelah makan. Sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. berikan jeda bagi lambung agar bisa mengolah makanan.

Baca juga: Rajin Konsumsi Kopi bisa Kurangi Risiko Penyakit Diabetes? Ini Penjelasannya

Hindari juga untuk berbaring setelah makan. Lakukanlah kegiatan ringan agar lemak tidak menumbuk dan memberi efek buruk.

3. Serangan Jantung

efek tidur setelah makan serangan jantung
medicalnewstoday.com

Bahaya tidur setelah makan lainnya yaitu serangan jantung. Penyakit ini juga bisa terjadi akibat penumpukan lemak.

Orang yang memiliki kebiasaan tidur setelah makan memiliki risiko yang lebih besar terhadap hal ini. Hal ini karena kemungkinan terjadinya penyempitan pembuluh darah juga meningkat.

4. Asam Lambung Naik

efek tidur setelah makan asam lambung naik
shutterstock.com

Asam lambung juga bisa naik karena efek tidur setelah makan. Sistem pencernaan akan kesulitan mencerna makanan yang masuk.

Ketika makanan tidak dicerna dengan baik, maka lambung akan meningkatkan produksi asam untuk mempercepat prosesnya. Hal ini tidak akan baik bagi penderita maag.

5. Diare atau Sembelit

tidur setelah makan menyebabkan diare atau sembelit
hellosehat.com

Normalnya, jarak tidur setelah makan adalah 2 jam. Hal ini karena makanan akan diproses selama waktu tersebut dan lambung menjadi kosong. Sisa makanan akan berpindah ke usus dan dipadatkan menjadi feses.

Tidur setelah makan akan membuat proses tersebut berantakan. Makanan akan bertahan lebih lama di lambung dan menyebabkan masalah diare atau sembelit.

Baca Juga: Ups, Masalah Kesehatan Ini Bisa Disebabkan Oleh Sembelit!

6. Stroke

tidur setelah makan menyebabkan stroke
autoimuncare.com

Sebuah teori menyebutkan bahwa tidur setelah makan menyebabkan stroke. Kondisi ini terjadi ketika lambung yang bekerja ekstra membutuhkan asupan darah yang lebih banyak. Sedangkan di sisi lain, otak juga membutuhkannya.

Suplai darah yang terkonsentrasi pada lambung dalam jangka waktu lama inilah yang bisa menyebabkan stroke otak.

Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa masalah kesehatan ini bisa terjadi karena adanya perubahan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah setelah makan.

7. GERD

bahaya tidur setelah makan gerd
hellosehat.com

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan kondisi yang lebih parah dari naiknya asam lambung yang frekuensi terjadinya lebih dari dua kali per minggu. Penyakit ini terjadi ketika dalam posisi tidur klep lambung akan longgar karena adanya gaya gravitasi.

Hal ini akan menyebabkan asam tersebut mengalir dari perut ke kerongkongan. Ini lah yang kemudian menyebabkan perut mulas, nyeri ulu hati, rasa perih dan terbakar pada dada hingga kerongkongan.

8. Asma

tidur setelah makan sebabkan asma
hellosehat.com

Akibat makan langsung tidur lainnya yaitu menyebabkan perut menjadi melebar karena lambung penuh. Kondisi ini memicu tersendatkan saluran pernapasan yang disebabkan oleh oksigen yang terhambat.

Hasilnya, kebiasaan buruk tersebut dapat memicu terjadinya asma atau gangguan pernapasan lainnya.

Langsung tidur setelah makan akan memberikan efek yang berbahaya bagi kesehatan. Ada baiknya jika kamu memberikan jarak atau jeda sekitar 30 menit agar makanan bisa dicerna terlebih dahulu oleh tubuh.

Jika ingin menunggu dicerna dengan maksimal, tunggulah selama 2 jam. Untuk menghindari rasa kantuk, kamu bisa melakukan olahraga ringan selama 20 menit setelah makan. Ini akan mengusir keinginan untuk tidur sekaligus membakar kalori.

Untuk info kesehatan lainnya, silakan unduh aplikasi Qupas pada Google Play Store atau Apple App Store secara gratis!

0 Comment