Lebih Berbahaya Mana Antara Perut Buncit dan Obesitas?

08 October 2018, at 11:49
0
0
Lebih Berbahaya Mana Antara Perut Buncit dan Obesitas?

Memiliki postur tubuh yang terlalu besar adalah sebuah masalah bagi sebagian orang. Sebab, tubuh yang terlalu besar atau gemuk dianggap bisa merusak penampilan sehingga menurunkan rasa percaya diri.

Namun, lebih dari itu banyak yang percaya kalau terlampau gemuk atau obesitas juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karenanya, obesitas adalah salah satu kondisi tubuh yang cukup ditakuti oleh kebanyakan orang.

Memang benar, obesitas bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti sakit jantung, asam lambung, hipertensi, varises, bahkan kanker. Hal tersebut dikarenakan tidak lancarnya sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga organ tidak bisa berfungsi dengan normal.

obesitas
medika-platform.com

Namun, bicara tentang bahaya dari obesitas, baru-baru saja ada sebuah pemberitaan yang cukup kontroversi. Pemberitaan tersebut mengenai perdebatan masyarakat dalam menentukan mana yang lebih berbahaya antara obesitas atau perut buncit.

Memang terdengar sedikit menggelitik, tapi banyak yang penasaran dengan jawabannya. Bahkan, perdebatan ini diklaim sudah terjadi sejak zaman dulu. Hanya saja belum ada jawaban yang memuaskan.

Jadi, lebih bahaya mana antara perut buncit dan obesitas?

Sebelum memasuki pembahasan, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kedua kondisi tubuh ini sama-sama memiliki risiko bagi tubuh. Artinya, keduanya sama-sama berbahaya dan mengancam kesehatan.

Perut buncit dan obesitas sama-sama disebabkan oleh lemak, hanya saja letaknya yang berbeda. Jika perut buncit, maka lemak akan berkumpul pada perut. Sedangkan obesitas adalah menumpuknya lemak pada seluruh bagian tubuh.

Baca juga : 5 Fakta Sedot Lemak, Beneran Mengerikan Atau...

perut buncit
hipwee.com

Namun, beberapa pakar menyebutkan bahwa yang paling berbahaya adalah perut buncit. Mengapa demikian?

Sebab, ketika seseorang mengalami perut buncit, artinya ada lemak yang menumpuk pada rongga perut. Yang ditakutkan adalah ketika lemak itu lari ke hati, maka ini adalah sebuah kondisi yang mengancam nyawa.

Mengingat letak antara rongga perut dan hati sangat dekat, jadi kekhawatiran inilah yang mendasari kenapa pakar medis menyebutkan bahwa perut buncit lebih berisiko daripada obesitas.

buncit
medialokal.co

Seseorang dikatakan buncit ketika lingkar perutnya sudah melebihi angka 90 cm. Tapi tetap harus disesuaikan dengan tinggi badan juga. Karena ada seseorang yang buncit tapi aman-aman saja karena dia memiliki tubuh yang tinggi.

Kadang, banyak yang salah mengartikan obesitas. Padahal seseorang menjadi gemuk bukan hanya karena dikarenakan lemak, tapi juga bisa dikarenakan massa otot yang besar.

Dengan salah pemahaman itu, kadang kebanyakan orang menjadi takut kalau tubuhnya berisiko terkena masalah kesehatan dan mengancam nyawa. Asalkan lemak berhasil diminimalkan atau dibuang, maka obesitas tidak menjadi sebuah ancaman yang berarti.

Namun, ketika perut buncit tidak segera diatasi, hal ini bisa menjadi sebuah mimpi buruk yang akan meengakibatkan gangguan kesehatan yang cukup mengkhawatirkan di kemudian hari.

0 Comment