Lendir Siput dan Bahan Unik Skincare Lainnya yang Bisa Kamu Pilih untuk Mengobati Jerawat

11 January 2019, pada 02:00
0
0
Lendir Siput dan Bahan Unik Skincare Lainnya yang Bisa Kamu Pilih untuk Mengobati Jerawat

Satu hal yang wajib dilakukan sebelum membeli skincare jerawat adalah mencermati bahan penyusunnya. Sebab, tak semua produk menawarkan kandungan yang bersahabat dengan kulit kita.

Tak hanya itu, bahan dalam skincare yang kurang penting malah berisiko membuat jerawat semakin parah. Nah, nggak mau kan kalau sampai salah milih produk?

Untuk itu, Qupas telah merangkum bahan dalam skincare yang benar-benar ampuh mengatasi jerawat dan bisa kamu pilih sebagai perawatan wajah andalanmu. Yuk intip langsung ada apa aja!

1. Lendir Siput

lendir siput
nymag.com

Kalau kamu mengikuti tren skincare Korea, pasti tak asing lagi dengan bahan ini. Ya, karena lendir siput atau snail mucus memang sudah populer digunakan sebagai key-ingredient dalam produk perawatan kulit di negeri ginseng.

Umumnya, lendir siput akan ditemukan dalam produk anti aging. Sebab, bahan alami ini punya kekuatan luar biasa dalam menghidrasi kulit dan melawan tanda-tanda penuaan.

Dan ternyata khasiat snail mucus tak berhenti di situ saja. Lendir siput diketahui mengandung copper peptides yang baik untuk mengobati jerawat, menghilangkan bekasnya, serta menyamarkan flek hitam.

2. Centella Asiatica

daun pegagan centella asiatica
static6.com

Di Indonesia, kandungan skincare yang satu ini lebih dikenal dengan nama pegagan. Kamu merasa familiar?

Ya, centella asiatica sering menghiasi desain kemasan produk acne care karena terbukti mampu menenangkan kulit yang iritasi, meradang, dan menimbulkan rona kemerahan karena ulah jerawat.

Bahan alami ini kabarnya juga membantu mencegah agar jerawat tak menimbulkan bekas di wajah lho.

3. Tea Tree Oil

tea tree oil
shopify.com

Beberapa tahun belakangan, tea tree oil juga jadi obat jerawat yang laku keras di pasaran. Minyak esensial yang dihasilkan dari pohon Melaleuca Alternifolia ini diketahui memiliki sifat menenangkan dan desinfektan unik untuk menyapu bersih minyak berlebih pada wajah yang jadi penyebab timbulnya jerawat.

Selain itu, manfaat tea tree oil lainnya berasal dari sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat. Karakternya ini membuatnya ampuh untuk menyembuhkan iritasi dan peradangan yang muncul akibat jerawat.

4. Argan Oil

argan oil
asaorganics.com.ng

Argan oil dikatakan bisa mengembalikan kondisi lapisan pelindung kulit yang rusak dan menjadi dalang di balik munculnya jerawat. Di dalamnya juga ada asam lemak, vitamin E, dan linoleic.

Kandungan argan oil tersebut mampu melembabkan kulit, mengontrol produksi sebum, mengurangi jerawat, sekaligus memudarkan bekasnya.

Baca juga: Sering Digunakan Artis Hollywood, Ternyata Ini Khasiat Cuka Apel untuk Kecantikan

5. Vitamin C

vitamin c
nourishedlife.com.au

Dalam industri kecantikan, vitamin C banyak ditemukan dalam produk pencerah warna kulit. Lebih dari itu, bahan alami yang didapat dari buah citrus ini ternyata juga baik untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Sebagai informasi tambahan, asam askorbat yang dimiliki vitamin C bahkan bekerja untuk mengurangi produksi melanin dan mencegah terjadinya hiperpigmentasi.

6. Glycolic Acid

glycolic acid
shopify.com

Glycolic Acid adalah salah satu bagian dari AHA (Alpha Hydroxy Acid) dengan formula yang lebih ringan. Bahan skincare ini akan membersihkan kotoran hingga ke dalam pori secara maksimal.

Untuk kulit acne prone, cara kerja Glycolic Acid akan menembus hingga ke dalam kulit untuk mempercepat penyembuhan jerawat sekaligus menyamarkan bekas noda yang ditinggalkan.

7. Niacinamide

niacinamide
exactdn.com

Kandungan yang terdapat dalam vitamin B3 ini bekerja untuk mengunci kelembaban kulit. Lalu bagaimana perannya dalam mengatasi jerawat?

Niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk meredakan peredangan akibat jerawat. Selain itu, skincare dengan kandungan ini akan memudarkan bekas jerawat secara cepat.

8. Azelaic Acid

azelaic acid gandum
brightwhiteskin.com

Azelaic Acid termasuk dalam jenis eksfoliator lembut yang mampu membebaskan pori-pori yang tersumbat. Senyawa asam ini biasanya didapatkan dari biji gandum.

Skincare dengan kandungan Azelaic Acid punya antibakteri yang bisa melenyapkan bakteri penyebab jerawat. Bekasnya yang seringkali menimbulkan warna kemerahan juga bisa teratasi dengan mudah.

Nah, itulah berbagai bahan yang biasanya sering dipakai dalam skincare dan dikenal ampuh mengatasi jerawat. Sehingga kamu bisa memilihnya sebagai perawatan wajah andalanmu.

0 Komentar