Letaknya Tersembunyi, Inilah Pemandangan Gua Kristal di Kupang

28 March 2019, at 04:20
3
0
Letaknya Tersembunyi, Inilah Pemandangan Gua Kristal di Kupang

Mungkin sebagian dari kamu berpikir kalau Gua Kristal ini merupakan tempat dimana ada banyak batu-batu berkilauan yang biasa dipakai di perhiasan.

Tapi jangan salah! Ada alasan lain kenapa tempat wisata di Ibu Kota Nusa Tenggara Timur, Kupang ini disebut demikian.

Baca juga: Air Terjun di Nusa Tenggara Ini Punya Kolam Alami Sebening Kaca!

Mau tahu? Yuk langsung simak ulasan tentang destinasi yang masih alami, asri dan pastinya instagramable ini! Dijamin nggak bakal nyesel.

1. Gua dengan air sebening kristal

gua kristal kupang
instagram.com/elizrahajeng

Bukan berupa batu perhiasan, sebenarnya nama yang disematkan pada wisata Kupang tersebut hanyalah kiasan yang menggambarkan air super jernih.

Kubangan air di dalam gua yang membentuk kolam alami ini yang sangat jernih layaknya kristal.

Saking jernihnya, wisata yang terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat ini sudah banyak membuat penduduk dalam maupun luar kota penasaran.

gua kristal
instagram.com/widiatmokology

Objek wisata di Nusa Tenggara Timur seluas kurang lebih 30 meter persegi ini memang punya air sangat jernih sehingga kamu bisa sampai melihat dasarnya.

Menariknya lagi, air di dalam gua di Kupang tersebut punya rasa payau dan pastinya sangat menyegarkan.

2. Konon ada jalur menuju ke pantai

goa kristal kupang ntt
instagram.com/kakanona17

Gua Kristal bukan hanya bisa untuk berenang. Kamu yang ingin menyelam sampai kedalaman tertentu pun bisa.

Untuk bisa menyelam, tentu saja kamu perlu mempersiapakan peralatan yang dibutuhkan. Misalnya saja seperti kaki katak dan kacamata renang.

goa kristal kupang
instagram.com/willydethan

Ingat, lebih baik minta ahli untuk mendampingimu saat menyelam. Utamanya untuk kamu yang belum pernah melakukan olahraga air satu ini.

Satu lagi yang menarik, konon kalau kamu menyelam sampai dalam, ada terowongan yang menghubungkan dengan pantai. Beneran nggak ya?

Baca juga: Bukti Nyata Keindahan Nusa Tenggara Timur, Bikin Malas Pulang!

3. Akses menuju Gua Kristal

gua kristal kupang ntt
instagram.com/agphotofr

Nggak sabar untuk main ke Gua Kristal? Kabar baiknya, tempat ini cukup dekat dari Kota Kupang. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dengan estimasi waktu tempuh selama 30 menit menggunakan motor maupun mobil pribadi.

Rutenya bisa dimulai dari Kota Kupang menuju ke Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok. Di sini, kamu bisa menitipkan kendaraanmu. Selanjutnya kamu bisa jalan kaki sejauh 500 meter untuk bisa sampai di bibir gua.

gua kristal ntt
instagram.com/julzebuanous

Agar liburanmu tetap nyaman dan lancar, datang saja saat siang hari, yakni sekitar pukul 11.00 WITA. Soalnya di waktu-waktu ini sinar matahari siap menerobos celah-celah gua sehingga pemandangan sekitarnya akan terlihat.

Sebaiknya kamu juga membawa penerang lain seperti senter kareng nggak banyak cahaya masuk. Selain itu, jalan cukup menurun dan licin.

4. Fasilitas dan harga tiket masuk Gua Kristal

goa kristal
instagram.com/ernez88

Kabar baiknya, kamu masih belum perlu membayar tiket masuk ke Gua Kristal. Berbeda lagi kalau kamu menggunakan jasa pemandu untuk mengantar sampai ke lokasi. Kamu pun bisa membayar seikhlasnya saja.

Tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini masih alami. Jadi nggak heran kalau di sana masih belum ada fasilitas penunjang.

wisata gua kristal kupang
instagram.com/thesusan

Sepanjang perjlaanan, kemungkinan kamu juga nggak akan menemukan toko maupun warung makan. Jadi siap-siap bawa bekal saja.

Satu lagi, lebih baik gunakan jasa pemandu wisata mengingat tempat ini masih terbilang cukup sepi. Tujuannya tentu supaya liburanmu tetap lancar, Sobat!

Gimana, setelah membaca info tentang Gua Kristal di atas, yakin nih nggak niat untuk mampir ke sana? Saat mampir ke destinasi tersebut, jangan sampai lupa hunting-hunting foto cantik, ya!

0 Comment