Qupas Food

Lezatnya Sepiring Nasi Goreng Telur Ayong 999, Kuliner Malam Pontianak yang Murah Meriah

21 September 2019, at 12:00
Lezatnya Sepiring Nasi Goreng Telur Ayong 999, Kuliner Malam Pontianak yang Murah Meriah

Pontianak memiliki segudang kuliner lezat yang punya cita rasa nikmat nan menggugah selera. Memiliki kedekatan dengan budaya Tiongkok, hal itu terlihat dari kemiripan makanan di sana.

Tapi buat sobat Qupas yang ingin mencicipi menu Nusantara sederhana, bisa lho mampir ke Restoran Ayong 999. Di sini ada sepiring nasi goreng telur kecap yang menjadi andalan. Harganya pun murah meriah. simak info selengkapnya ya!

1. Sudah ada dan terkenal sejak 23 tahun yang lalu

nasi telur ayong 999
instagram.com/partnerfoody

Tempat makan di Pontianak ini sudah ada sejak dua puluh tiga tahun yang lalu. Tepatnya sejak pertengahan tahun 1996 Restoran Ayong 999 ini berdiri.

Dari dulu hingga saat ini, lokasi berjualannya pun sama, yaitu di depan gang yang bersebelahan dengan Hotel Gajah Mada. Kuliner malam ini menyajikan menu masakan berat seperti nasi, tumis sayuran, dan kwetiau.

2. Pemilihan nama “999” yang unik

restoran ayong 999
instagram.com/raihanaaza

Mungkin kamu terheran-heran dengan angka “999” yang tersemat di nama restoran asal Pontianak ini. Terdengar cukup unik, pemilihanitu karena gampang diingat.

sang pemilik restoran pun mengambil nama merek obat maag yang cukup terkenal di masa itu. Terlebih, produk itu seringkali wara-wiri di channel parabola tahun ‘90an.

3. Punya konsep “Open Kitchen”

restoran ayong 999 menu makan
detik.net.id

Nasi telur Ayong 999 dibuat dengan konsep open kitchen, dimana semua pengunjung bisa melihat sendiri cara pembuatan hingga penyajiannya.

Dalam sekali pembuatan, sang peracik masakan bisa membuat dua telor mata sapi sekaligus. Racikan bumbu yang lengkap membuat aromanya menyeruak keseluruh ruangan.

Baca juga: Oseng-oseng Mercon Bu Narti, Kuliner Malam Jogja yang Bikin Keringat Bercucuran

4. Menu nasi telur yang paling laris dipesan

nasi telur ayong 999 pontianak
instagram.com/wattuit

Ya! nasi goreng telur mata sapi menjadi menu andalan di Restoran Ayong 999. Ada tambahan kecap, sayuran sawi, taoge, dan ebi yang dicampurkan dalam bumbu nasi.

Eits, ebinya dihaluskan hingga nggak terlihat, tapi terasa sekali di lidah. Ciri khas dari menu ini adalah butir-butir nasinya yang terpisah dan nggak menggumpal.

Untuk telurnya sendiri dimasak dengan bumbu kecap manis dan asin. Ohya, kamu juga bisa memesan mau telur matang sempurna atau setengah matang lho.

5. Lokasi Nasi Telur Ayong 999

lokasi nasi telur ayong 999
phinemo.com

Lokasi Nasi Telur Ayong 999 berada di Gang Gajah Mada no.15, Benua Melayu Darat, Pontianak. Buka mulai dari jam 4 sore hingga 12 malam.

Dan lagi, untuk kamu yang ingin menambahkan tumisan sayuran seperti tumis taoge ata tumis sawi bisa lho. Harganya sama, cum Rp8 ribu saja.

nasi goreng ayong 999
instagram.com/dodon_jerry

Sedangkan menu kwetiau telur dan sayur yang bisa dipesan dengan harga Rp13 ribu. Bisa banget untuk alternatif makan selain nasi goreng telur.

Gimana, menu di Restoran Ayong 999 murah meriah, kan? Buat sobat Qupas yang penasaran, wajib mampir deh ke wisata kuliner lezat di Pontianak ini.