Liburan Berfaedah di Satria Agrowisata, Wisata Bali Favoritnya Para Pecinta Kopi

13 September 2019, at 15:00
0
0
Liburan Berfaedah di Satria Agrowisata, Wisata Bali Favoritnya Para Pecinta Kopi

Bali selalu menyajikan hal istimewa. Jangankan wisata pantai, beragam destinasi wisata budaya sampai agrowisata pun ada di Pulau Dewata ini. Salah satunya seperti Satria Agrowisata.

Tempat wisata di Bali ini bukan cuma sekadar destinasi untuk penghilang penat belaka. Liburan ke Satria Agrowisata bisa juga dibilang bisa meningkatkan 'pengetahuan'. Khususnya dalam hal pengolahan kopi nih.

Buat para pecinta kopi, coba deh sekali-kali mampir ke wisata agrowisata di Bali ini. Maka kamu bakal menemukan fakta-fakta menarik seperti berikut.

1. Agrowisata yang Sudah 'Melegenda'

spot foto satria agrowisata
instagram.com/celetraveldiary

Kalau di wilayah Tegallalang ada Alas Harum Agrotourism, di kawasan Kintamani, Tampaksiring, kamu bisa menemukan Satria Agrowisata.

Destinasi wisata di Bali ini sebenarnya sudah lama ada. Sekitar 11 tahun lalu, Dewa Gede Asmaraguna, sang pemilik berinisiatif untuk membangun agrowisata ini.

Sejak sekitar 1980an, Asmaraguna sadar kalau wilayah Kintamani sering menjadi tempat singgah para turis untuk melihat perkebunan kopi sampai cengkeh. Hal tersebut kemudian membuatnya mendirikan Satria Agrowisata.

2. Tempat Mencicipi Kopi

kopi satria agrowisata
instagram.com/oks.gr

Buat para pecinta kopi, agrowisata di Bali ini sepertinya cocok untuk masuk ke dalam daftar tempat liburanmu. Apalagi kamu bisa mencicipi aneka jenis minuman berkafein tersebut. Kopi Bali, robusta, arabika, sampai kopi luwak pun bisa kamu nikmati di sini.

Kopi yang bakal kamu nikmati di Satria Agrowisata ini beda dari yang lain. Soalnya cara pengolahannya nggak pakai mesin, melainkan secara tradisional. Mulai dari proses roasting sampai penumbukan pun menggunakan tenaga manusia.

minuman di satria agrowisata
instagram.com/hungryhungrygal

Fyi, selain kopi, di sini kamu juga bisa menikmati beragam teh warna-warni yang dibuat dari buah dan rempah khas Indonesia. Ada banyak piliha, yaitu mulai dari ginger tea, mangosteen tea, hot cocoa, red rice tea, lemon grass tea, dan masih banyak lagi.

3. Wisata Edukasi di Bali

pengolahan kopi di satria agrowisata
instagram.com/tole_meong19

Jangankan menyesap kopi. Satria Agrowisata juga mengizinkan para traveler untuk menyaksikan langsung pengolahan kopi.

Begitu sampai di halaman depan, biasanya pemandu bakal mengajak pengunjung untuk menyusuri wilayah perkebunan yang asri. Tata cara pengolahan kopi juga akan dijelaskan.

luwak satria agrowisata
instagram.com/iamthomasakins

Pengunjung juga bakal dijelaskan seputar cara menyangrai kopi secara tradisional. Bahkan perlakukan khusus terhadap kopi luwak, dimana biji kopi yang bercampur kotoran dicuci air panas sampai dijemur 2-3 hari pun dijelaskan. Berfaedah banget kan?

By the way, hewan luwak juga dipelihara di agrowisata ini, lho. Jadi kamu juga bisa melihat mereka di kandang. Berinteraksi sama hewan berbulu ini pun bisa.

Baca juga: Wisata di Tegallalang Bali Ini Cocok Buat Pecinta Kopi Luwak

4. Wahana Ekstrem Ada di Satria Agrowisata

ayunan bali satria agrowisata
instagram.com/pesonaid_travel

Nggak bakal bosan saat liburan ke wisata Bali yang terletak di tengah-tengah perkebunan seluas 5 hektar ini. Soalnya kamu bukan cuma bisa menikmati kopi maupun minuman lain.

Setelah puas duduk-duduk di saung, kamu bisa berburu foto di spot-spot instagenik. Serunya lagi, ada ayunan yang cukup ekstrem dan memacu adrenalin di sini. Kira-kira kamu berani coba nggak?

5. Lokasi dan Tiket Masuk Satria Agrowisata

sarang burung satria agrowisata
instagram.com/mellemoo

Lokasi Satria Agrowisata ini ada di Jalan Raya Kintamani, Manukaya, Tampaksiring. Dari pusat Kota Gianyar, jaraknya sekitar 21 kilometer.

Tiket masuknya sekira Rp50 ribuan. Dengan tarif segitu, kamu sudah bisa menikmati secangkir kopi luwak dan 12 jenis minuman berempah lain yang disajikan di cangkir kecil-kecil.

oleh oleh khas satria agrowisata bali
instagram.com/ama_zing_travels

Kalau belum puas menikmati kopi, di dalam agrowisata Bali ini disediakan toko yang menjual oleh-oleh. Ada kopi luwak yang dibanderol dengan harga sampai Rp4 jutaan per kilogramnya. Sedangkan untuk kopi Bali harganya Rp170 ribuan.

Well, Satria Agrowisata memang menarik untuk dikunjungi. Selain menyediakan fasilitas untuk menikmati kopi, di tempat wisata sekitar Kintamani ini juga ada wahana ekstrem yang bisa kamu coba. Cara pengolahan kopi dari hulu ke hilir pun bakal kamu dapatkan di sini kok. Benar-benar berfaedah!

0 Comment