Liburan Gratis di Bendungan Colo Sukoharjo, Bisa Jalan di Atas Air Lho!

24 June 2019, at 08:00
0
0
Liburan Gratis di Bendungan Colo Sukoharjo, Bisa Jalan di Atas Air Lho!

Jelang tanggal tua, bukan berarti kamu nggak bisa liburan. Ada banyak wisata gratisan yang bisa dikunjungi supaya kantong tetap aman. Salah satunya adalah Bendungan Colo Sukoharjo.

Meski gratisan, bukan berarti tempat wisata di Kabupaten Sukoharjo ini nggak menarik sama sekali. Sebaliknya, destinasi ini menawarkan spot yang fotogenik dan bikin feed Instagrammu makin keren.

Baca juga: Uniknya Dusun Semilir, Candi Borobudur Versi Mini di Semarang yang Siap Hipnotis Pengunjung

Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa sebenarnya Bendungan Colo ini, yuk scroll ke bawah dan simak infonya!

1. Didirikan untuk kebutuhan irigasi

dam colo sukoharjo
instagram.com/matadeastama

Bendung atau biasa disebut Dam Colo dibangun untuk menahan aliran air Waduk Gajah Mungkur untuk kebutuhan irigasi.

Menurut Kepala Sub Divisi Jasa ASA III PJT I, Didit Priambodo yang dilansir dari Detik, irigasi Colo terdiri dari dua jaringan, yaitu:

  • Jaringan irigasi Colo Timur: Kapasitas salurannya 24 meter kubik per detik untuk mengairi sawah seluas 20 ribu hektar. Lintasannya melalui Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Sragen dan Ngawi (Jawa Timur).
  • Jaringan irigasi Colo Barat: Kapasitas salurannya 5,30 meter kubik perdetik untuk mengairi sawah seluas 5 ribu hektar dan melintasi Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo dan Klaten.

2. Wisata tepat untuk liburan hemat

dam colo pengkol
instagram.com/tri_action

Bendungan Colo Sukoharjo bisa jadi salah satu alternatif untuk liburan hemat. Soalnya kamu nggak perlu lagi menyediakan dana, baik untuk tiket masuk maupun parkir kendaraan.

Kecuali kalau pengen jajan di sekitar wisata ini, baru kamu perlu mengeluarkan budget sesukamu.

Baca juga: 5 Wisata Wonogiri Ini Bikin Kamu Nggak Tahan Buat Main Air

3. Lebih cantik saat musim kemarau

bendungan colo
instagram.com/sialirahman

Begitu memasuki lokasi wisata, kamu bisa melihat bendungan dari atas yang memang jadi jalur penghubung antara Pengkol-Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Dari sini, view aliran air dari Waduk Gajah Mungkur bakal tersaji di hadapanmu.

Pengen dapat view yang lebih oke? Kamu bisa turun ke bawah pintu air, tepat di aliran irigasinya.

bendungan colo sukoharjo
instagram.com/theguhwe

Di sana ada ratusan beton kokoh yang berbentuk persegi tertata rapi bak paving di atas air. Jarak antar beton tersebut sekitar satu meter. Karena cukup lebar, kamu juga bisa berdiri di atasnya.

Tapi ingat, pemandangan ratusan beton yang sebenarnya menjadi pemecah arus air itu bakal terlihat jelas di permukaan saat musim kemarau, Sobat! Pas kamu kunjungi bulan-bulan ini.

4. Cara ke Bendungan Colo Sukoharjo

bendungan colo pengkol
instagram.com/rulisunarto

Secara administratif, lokasi Bendungan Colo ada di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter. Dari pusat Kota Sukoharjo, jaraknya sekitar 15 kilometer.

Untuk bisa ke sana, baik saat melintas di Jalan Raya Solo-Wonogiri dan sudah masuk Desa Gupit, Kecamatan Nguter atau sebelum jembatan perbatasan Sukoharjo-Wonogiri, beloklah ke kiri tepat di simpang tiga.

bendungan colo jawa tengah
instagram.com/mumtazmahfud

Selanjutnya ikuti saja jalan aspal tersebut. Nggak sampai 3 kilometer, kamu bakal sampai di Bendung Colo.

Jadi, tertarik mampir ke Bendungan Colo? Mumpung nggak perlu bayar tiket masuk maupun parkir kendaraan, bisa banget nih buat alternatif tempat liburan hemat di saat tanggal tua begini.

0 Comment