Liburan Hemat ke Bukit Batu Kursi Pemuteran, Wisata Alam Sekaligus Spiritual di Bali

23 May 2019, at 11:00
0
0
Liburan Hemat ke Bukit Batu Kursi Pemuteran, Wisata Alam Sekaligus Spiritual di Bali

Pengen cari suasana baru buat lihat pantai saat liburan ke Bali? Coba deh mampir ke Bukit Kursi yang ada di Desa Pemuteran.

Pemandangan Samudera Hindia sampai padang savana berwarna hijau yang menyejukkan mata bisa kamu saksikan dari kawasan dataran tinggi di Pulau Dewata ini. Bahkan kamu juga bisa menelusuri cerita spiritual yang berkembang di kawasan wisata Buleleng Bali ini.

Baca juga: Ada di Buleleng! Tempat Menyelam di Bali Ini Kece Abis

Nah, buat kamu yang pengen dapat foto cantik juga bisa mampir ke destinasi ini. Tapi sebelumnya intip dulu yuk, ulasan dari Qupas berikut!

1. Wisata alam sekaligus spiritual di Bali

wisata bukit batu kursi bali
instagram.com/badungviral

Bisa dibilang kalau kawasan bukit di Bali ini adalah wisata alam sekaligus spiritual. Kenapa?

Soalnya selain bisa melihat panorama alam yang cantik, di kawasan puncak bukit ini ada pura suci yang di dalamnya ada batu berbentuk kursi dengan diameter sekitar 20 meter. Karena hal itu pula destinasi ini dinamakan "Bukit Batu Kursi".

bukit batu kursi pemuteran
instagram.com/gustindra

Selain itu, Bukit Batu Kursi terletak di belakang Pura Mutering Jagat atau lebih dikenal dengan nama Pura Pemuteran. Di pura ini, ada 4 tirta yang punya suhu, bau, dan rasa berbeda-beda. Fungsinya juga beda, dari yang berguna untuk penglukatan sampai sembuhkan penyakit.

Bukan cuma itu, katanya di Pura Pemuteran juga kerap didatangi orang yang ingin memperlancar rezekinya.

2. Wisata Bali untuk petualang sejati

akses ke bukit batu kursi
instagram.com/lucia_ucii

Untuk bisa sampai ke puncak bukit ini, kamu harus rela menapaki ratusan anak tangga yang panjangnya sekitar 700 meter.

Sebelum melewati anak tangga, kamu harus membayar tiket masuk senilai kurang lebih Rp5.000,00 di loket masuk. Selanjutnya, kamu juga perlu mengisi buku tamu yang diberikan oleh penjaga.

3. Fasilitas Bukit Batu Kursi

bukit batu kursi
instagram.com/gussedi

Bukit Batu Kursi juga punya fasilitas yang lumayan lengkap. Mulai warung, tempat parkir, toilet umum, sampai ayunan sudah ada di kawasan wisata ini.

Selain itu, tangga yang akan kamu lewati untuk menuju ke puncak bukit juga sudah bagus dan bukan terbuat dari tanah. Jadi nggak perlu khawatir becek kalau kebetulan liburan saat musim hujan.

Baca juga: Banyu Wana Amertha, Wisata Bali yang Sajikan Air Terjun Bertumpuk

4. Cara ke Bukit Batu Kursi Pemuteran

bukit batu kursi buleleng
instagram.com/duldulsi_

Lokasi Bukit Batu Kursi Pemuteran sendiri ada di sebelah selatan Pura Pemuteran, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Rute mudahnya untuk bisa ke wilayah ini adalah dengan menuju ke Pelabuhan Gilimanuk kalau dari arah pusat Kota. Sebelum sampai di pelabuhan di Bali ini, kamu akan melewati Pura Melanting, Pura Pulaki. Sekitar 5 menit perjalanan, tepat di depan Matahari Beach Hotel kamu akan melihat jalan ke Pura Pemuteran.

Dari sana, jalan saja lurus sampai ketemu pura. Selanjutnya belok kanan, dan voila! Kamu akan sampai di tujuan.

5. Tips liburan ke Bukit Batu Kursi

wisata bukit batu kursi
instagram.com/wapwah

Objek wisata di kawasan Singaraja ini bukan cuma dijadikan spot foto saja, melainkan di sekitarnya juga ada beberapa pura. Karena itulah kamu harus tetap sopan dan jaga kata-kata saat liburan ke sini.

Tempat ini juga masih alami dan ada baiknya lagi kalau kamu ikut menjaga keasriannya. Jangan buang sampah sembarangan, karena sesungguhnya petualang sejati nggak akan mengotori lingkungannya.

Well, itulah keistimewaan Bukit Batu Kursi yang masih jadi tempat buruan para traveler. Kalau kamu, kapan nih mampir ke tempat wisata di Bali ini?

0 Comment