Liburan Justru Bikin Stres? Atasi dengan Cara Ini

07 June 2019, at 00:00
0
0
Liburan Justru Bikin Stres? Atasi dengan Cara Ini

Liburan merupakan hal yang menyenangkan karena kamu bisa melepas penat dari rutinitas yang membosankan. Selain itu, kamu juga bisa berkumpul dan bersenang-senang dengan sahabat tercinta.

Akan tetapi, ternyata nggak semua orang bahagia saat liburan lho. Beberapa justru ada yang merasa stres dan tertekan karena harus mengeluarkan biaya lebih, datang ke acara yang nggak disukai, dan lain sebagainya.

American Psychological Association menyebutkan bahwa 8 dari 10 perempuan di Amerika Serikat mengalami stres saat liburan tiba. Apakah kamu termasuk yang seperti mereka?

Baca Juga: Hati-Hati, Membenci Pekerjaan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Jika iya, berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari dan mengatasi stres saat liburan agar kegiatan tetap mengasyikkan.

1. Tetap Terapkan Pola Hidup Sehat

hidup sehat
pexels.com/@rawpixel

Kebanyakan orang cenderung melupakan pola hidup sehat saat sedang liburan. Tidur manjadi berantakan karena waktu yang lebih fleksibel dan makanan yang melimpah membuatmu makan terlalu banyak dan nggak teratur.

Padahal, hal tersebut merupakan salah satu yang bisa membuat tubuh memproduksi hormon stres lho. Kurang tidur juga berpotensi membuat seseorang mengalami gangguan kecemasan.

makanan sehat
pexels.com/@anfisa-eremina-1021202

Selain itu, saat liburan orang-orang cenderung melupakan kegiatan positif seperti olahraga dan lebih memilih untuk bermalas-malasan. Padahal kamu nggak perlu pergi ke gym atau melakukan hal-hal yang berat, melainkan cukup dengan aktif bergerak.

Berolahraga, meskipun ringan, akan membuat tubuh merasa bahagia karena memproduksi hormon endorfin dan mengurangi hormon stres.

2. Cari Teman Agar Nggak Kesepian

cari teman
pexels.com/@pixabay

Salah satu hal yang mungkin membuatmu stres saat liburan adalah kesepian dan nggak punya teman karena berbagai kesibukan. Padahal sebenarnya banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan sendirian. Nggak perlu menunggu teman untuk memulai liburan!

Kamu bisa memanfaatkan momen liburan ini untuk mencari teman baru. Cobalah untuk mengikuti hal-hal positif seperti kegiatan sosial untuk mengisi hari libur. Dijamin, kamu nggak akan stres dan kesepian.

Baca Juga: Suara Hujan Petir Bisa Atasi Stres, Begini Penjelasannya

3. Sempatkan untuk Me Time

sempatkan me time
pexels.com/@mateusz-dach-99805

Selain berlibur dengan keluarga atau sahabat, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk dirimu sendiri saat liburan agar nggak stres.

Meskipun liburan bersama orang-orang tersayang pasti menyenangkan, tapi punya waktu khusus sendirian tanpa gangguan adalah sesuatu yang bisa membuatmu benar-benar beristirahat dari siapa pun dan apa pun.

me time
pexels.com/@ging-ang-861233

Nggak perlu lama-lama, cukup dengan berjalan-jalan sebentar sendirian atau berdiam diri di kamar menonton film favorit dengan camilan kesukaan pasti menyenangkan.

Ingat ya, membahagiakan diri sendiri itu perlu. Bukannya egois, tapi hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat wajar pada diri manusia.

4. Berpikir Positif

berpikir positif
pexels.com/@luizclas-170497

Salah satu cara untuk menghindari stres ketika liburan adalah dengan berpikir positif. Jangan biarkan kekhawatiran dan pikiran-pikiran negatif menghambat kebahagiaanmu.

Apabila rencana liburanmu gagal, cobalah untuk tetap berpikir positif sekaligus realistis. Kamu tetap bisa melakukan hal-hal seru lainnya kok!

5. Rencanakan Anggaran Dana

rencanakan anggaran dana
pexels.com/@moose-photos-170195

Hal yang paling sering membuat stres saat liburan adalah perkara uang. Pasalnya, liburan memang biasanya menghabiskan uang yang lebih banyak daripada urusan sehari-hari.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu merencanakan anggaran dana dan menyiapkannya sebelum hari liburan tiba supaya nggak stres dan justru nggak menikmatinya.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari atau mengatasi stres saat liburan tiba.

0 Comment