Liburan ke Pasir Putih Situbondo, Jangan Lupa Nyicip 8 Masakan Khas ini

21 September 2018, at 10:37
0
0
Liburan ke Pasir Putih Situbondo, Jangan Lupa Nyicip 8 Masakan Khas ini

Daerah di Jawa yang sering kali disebut dengan Africa van Java ini memiliki deretan pantai yang mengagumkan. Maklum kabupaten yang berbatasan langsung dengan Banyuwangi ini memang layak menjadi persinggahan saat liburan ke Bali.

Apalagi Pasir Putih Situbondonya yang indah, bikin betah dan berlama-lama di sana deh. Lebih betah lagi kalau sambil mencicipi banyak menu kulinernya yang enak. Apa saja ya? Berikut daftarnya,

Baca juga: ke Sunan Gresik, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh khas ini

1. Nasi Karak

nasi karak
instagram.com/njajanjember

Kuliner khas yang bisa sobat Qupas bawa saat bersantai di Pasir Putih Situbondo adala nasi karak. Di beberapa daerah nasi karak juga menjadi menu andalan, namun di Situbondo berbeda. Nasi hangat yang diberi parutan kelapa muda diatasnya disajikan dengan menu lauk tempe tahu dan pindang merah. Nggak lupa juga sambal terasi.

Berlokasi di : Jalan Anggrek, Krajan, Patokan.

Buka dari : 17:00-02:30 Wib.  

2. Nasi Acak Adut

nasi acak adut
jajanjogja.com

Kira-kira seperti inilah isian dari nasi acak adut. Dalam bahasa Indonesia, acak adut artinya berantakan sekali. Nasi yang berisikan teri kecil-kecil diulek dalam sambal terasi, oseng-oseng tempe, ayam kecap, dan terong penyet. Untuk harganya seporsi harganya tujuh ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Warung Bu Henik Situbondo.

Buka dari : 08:00-16:00 Wib

3. Nasi Cumi

instagram.com/audreymulyana

Nasi cumi juga jadi kuliner Situbondo andalan yang wajb dicicipi. Dalam satu porsi biasanya ada olahan cumi hitam dengan teri medan dan terong badalo yang pedas. Kalau lagi ingin makan banyak juga bisa memesan menu full isian yang mengenyangkan. Harganya mulai tujuh belas ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Warung Lesehan Melly, Jalan Sucipto, Situbondo.

Buka dari : 08:00-19:00 Wib

4. Nasi Kaldu

nasi kaldu
instagram.com/rizkarachm

Nasi Kaldu juga bisa jadi masakan khas yang bisa dicicipi di sepanjang jalan mau ke Pasir Putih Situbondo. Kuahnya seperti soto daging dengan rasa dan isian yang sama. Hanya saja ditambahi dengan kacang ijo rebus. Jadi, menambah kental kuah kaldu. Paling enak di makan dengan perasan jeruk nipis, tambah segar dan selera untuk memakannya.

Berlokasi di : Jalan Raya Wringin Anon, Krajan.

Buka dari : 10:00-20:00 Wib.

Baca juga: Pilihan Kuliner Banyuwangi untuk Dicoba pas Liburan Nanti

5. Nasi Sodu

nasi sodu
instagram.com/hadiverry

Nasi sodu terdiri dari sepiring nasi, kuah gule yang dicampur dengan cambah dan potongan kacang panjang. Kuah santan gulenya juga ditambahi dengan ikan tongkol. Rasanya agak manis, tapi dengan tambahan sambal terasi bisa menambah pedas masakan. Sodu sendiri memiliki arti, sendok dari daun pisang. Itu berasal dari bahasa Madura.

Berlokasi di : Awar-Awar, Asembagus.

Buka dari : 08:00-18:00 Wib.

6. Nasi Bukhori

putratravel.net

Bukan hanya nasi kebuli saja yang banyak digemari oleh warga Indonesia, tapi juga nasi bukhori. Di Situbondo juga rumah makan yang menjual nasi bukhori yang enak dan lezat dengan masakan rempah-rempah yang nendang dilidah. Cara pembuatan nasinya cukup unik, direndam dari air rebusan kambing yang dicampurkan dengan bumbu rempah.

Berlokasi di: Warung Sate Bang Umar, Pasar Panji.

Buka dari: 10:00-20:00 Wib.

7. Sate Olean

sate olean
jawapos.com

Sate Olean juga menjadi kuliner Situbondo yang wajib dinikmati kaena hanya ada di sana saja. Adapun juga di sana ada sate legendaris. Terbuat dari daging kambing yang berusia rentan waktu 1-2 tahun. Jadi nasi kambingnya masih empuk. Bumbunya pun meresap hingga ke serat daging. Enak banget deh. Dibakar diatas arang yang panas.

Berlokasi di : Jalan Basuki Rahmat no.2b, Mimbaan Utara.

Buka dari : 09:00-19:00 Wib.

8. Bakso Tekwoleh 

jawapos.com

Nama bakso itu berasal dari singkatan bahasa Jawa yang artinya nek gak entek digowo mulih (kalau nggak habis bisa dibawa pulang). Bakso jumbo itu memiliki diameter hingga 10cm loh. Bisa dibawah pulang untuk orang dirumah. Masih ada isian tetelan daging sapi dengan tulang rusuk, jadi tambah geregetan saat memakannya.

Berlokasi di : Krajan, Jatibanteng.

Buka dari : 08:00-16:00 Wib.

Kuliner Situbondo yang bisa dinikmati saat berlibur ke pantai pasir putih. Biar sampai di sana nggak kelaparan dan bikin gak mood liburan. Yah, walau tempatnya di warung, tapi tradisionalnya tetap terasa.

0 Comment