Liburan ke Pulau Terkecil di Dunia yang Ada di Indonesia, Seperti Apa Ya Rasanya?

28 August 2019, at 17:00
0
0
Liburan ke Pulau Terkecil di Dunia yang Ada di Indonesia, Seperti Apa Ya Rasanya?

Punya wacana liburan ke Kalimantan Barat? Maka jangan lewatkan Singkawang. Soalnya di sini ada destinasi unik dan memanjakan mata. Sebut saja Pulau Simping.

Bukan karena jadi incaran para pemuja wisata pantai, tapi ada 'sesuatu' yang spesial dari destinasi di Singkawang ini. Apa itu?

1. Pulau yang diakui oleh PBB

pulau terkecil dunia di indonesia
instagram.com/yudhi_amsyahrial

Tahu nggak sih, wisata di Kalimantan ini ternyata merupakan pulau terkecil di dunia, lho. Bahkan hal tersebut sudah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa alias PBB.

Beda dari pulau lain yang luasnya bisa beribu-ribu hektar, destinasi di Singkawang ini justru nggak sampai 1 hektar luas areanya. Kecil banget ya?

Nyaris nggak ada pasir yang bisa kamu temukan di pulau ini. Soalnya hampir seluruh area pesisirnya cuma terdiri dari batuan dan beberapa pohon saja.

2. Pulau sepi di Singkawang

pulau simping
instagram.com/naufalnurfikrii

Dulu, Pulau Simping ini sempat dihuni beberapa kelompok manusia. Tapi pada akhirnya mereka pindah ke wilayah lain karena terjadi abrasi. Diketahui, faktor ini yang menyebabkan pulau di Singkawang ini semakin tahun kian mengecil.

Selain itu, dulu juga di sini tumbuh dua pohon kelapa menjulang di tengah-tengah wilayahnya. Hal inilah yang membuatnya juga dijuluki sebagai Pulau Kelapa Dua. Sementara sekarang sudah ada beberapa pohon kelapa dan tumbuhan perdu.

Baca juga: Resmi Jadi Ibu Kota, 6 Objek Wisata Memesona Ini Ada di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara

3. Tempat etnis Tionghoa berdoa

pulau terkecil di dunia
instagram.com/srr_rhyuu

Bukan cuma diakui sebagai pulau terkecil di dunia oleh PBB. Ternyata Pulau Simping sangat berharga buat masyarakat setempat.

Terutama buat penduduk keturunan Tionghoa, pulau ini digunakan untuk berdoa. Apalagi di atas pulau ada klenteng.

4. Cara ke Pulau Simping

pulau simping kalimantan
instagram.com/jejak_jidor

Letak Pulau Simping ada di Teluk Mak Jantu. Tepatnya di kawasan Pantai Sinka Island, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat.

Dari daratan Teluk Mak Jantuk, ada jembatan yang terhubung dengan pulau ini. Tapi sayang, kondisinya masih rusak.

pulau simping singkawang
instagram.com/zul_d.alfikri

Dari Pontianak, ibu kota Kalimantan barat, estimasi waktu tempuh yang diperlukan untuk menjangkau lokasi wisata sekira 2 sampai 3 jam perjalanan. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pakai jasa travel yang menyediakan perjalanan ke pulau ini dengan biaya sekitar Rp200 ribuan.

Begitulah gambaran kalau kamu liburan ke Pulau Simping, pulau paling kecil di Indonesia yang sudah diakui oleh PBB. Gimana, tertarik buat mengunjungi wisata alam tersebut?

0 Comment