Qupas Travel

Liburan ke 'Situ Gunung Suspension Bridge' Sukabumi, Bukan Cuma Sekadar Lewat Jembatan!

26 January 2020, at 04:00
Liburan ke 'Situ Gunung Suspension Bridge' Sukabumi, Bukan Cuma Sekadar Lewat Jembatan!

Situ Gunung Suspension Bridge alias Jembatan Gantung Situ Gunung pasti sudah nggak asing bagi kebanyakan traveler. Membentang sepanjang 243 meter di atas permukaan tanah, bagian dari Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat ini diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Berada di destinasi yang sudah diresmikan sejak 9 Maret 2019 lalu ini, kamu bukan cuma bisa merasakan sensasi menyeberangi jembatan gantungnya saja. Ternyata ada banyak atraksi yang bisa dilakukan di wisata Sukabumi ini.

Nah, biar nggak makin penasaran, intip deh ulasan Qupas berikut. Siapa tahu besok kamu pengen liburan antimainstream saat ke Sukabumi.

1. Menyeberangi jembatan gantung yang sensasional

Jembatan Gantung Situ Gunung (Foto: instagram.com/razanpoetra)
instagram.com/razanpoetra

Pengalaman menantang, mendebarkan, sekaligus menyenangkan bakal kamu rasakan saat menyeberangi jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara ini.

Membentang sepanjang 243 meter, lebar 18 meter, dan tinggi 161 meter, destinasi wisata di Sukabumi ini bakal memberikanmu pengalaman yang nggak terlupakan dalam menyeberangi jembatan di tengah hutan.

Menariknya lagi, kamu juga nggak perlu berjam-jam untuk tracking menuju Curug Sawer. Cuma melewati Jembatan Situ Gunung, kamu sudah bisa menuju air terjun tersebut.

Sebelum menyeberangi jembatan, petugas bakal membantu pengunjung untuk mengenakan sabuk pengaman. Fungsinya untuk membuat wisatawan lebih merasa nyaman dan aman.

2. Jelajah Curug Sawer yang menyegarkan

Curug Sawer Situgunung (Foto: instagram.com/s.annwar)
instagram.com/s.annwar

Berada di wisata ini kamu bukan cuma bisa melewati jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Mengunjungi Curug Sawer juga bisa kamu lakukan.

Dulu, untuk mengunjungi air terjun di Sukabumi setinggi 35 meter ini, pengunjung perlu menelusuri Hutan Situ Gunung yang jaraknya sekitar 1,7 kilometer. Tapi kini perjalanan itu sudah terpangkas sekitar 500 meter saat traveler melewati jembatan gantung.

Setelah berada di lokasi air terjun, kesejukan udara dan percikan air yang mengalir bakal kamu rasakan. Berendam di kolam alaminya juga bisa kamu lakukan, lho. Tapi tetap hati-hati ya, apalagi saat musim hujan.

3. Mampir ke Danau Situ Gunung yang elok

Danau Situgunung (Foto: instagram.com/mochferdi)
instagram.com/mochferdi

Situ Gunung Suspension Bridge juga menawarkan pemandangan danau yang menenangkan. Bak lukisan alam yang sempurna, di spot ini kamu bisa menyaksikan panorama Gunung Gede Pangrango.

Mengendarai sepeda air maupun mengelilingi danau dengan naik rakit juga bisa kamu lakukan di sini. Selain itu, ada jembatan yang bisa kamu lewati sambil menikmati pemandangan pulau kecil di tengah danau.

Baca juga: Situ Gunung Sukabumi dan 5 Wisata di Sekitarnya Membuatmu Nggak Berkedip

4. Nonton pertunjukan di Amphitheatre Situ Gunung

Amfiteater Situ Gunung (Foto: instagram.com/situgunungsuspensionbridge)
instagram.com/situgunungsuspensionbridge

Liburan bakal terasa lengkap dengan kehadiran pertunjukan kebudayaan yang ditampilkan oleh seniman lokal. Semua bisa kamu saksikan di spot Amphitheatre Situ Gunung.

Area ini terdapat panggung outdoor serta bangku-bangku penonton berkapasitas 850 orang yang terbuat dari kayu. Di atas panggung, biasanya ditampilkan pertunjukan kebudayaan berupa tarian tradisional dan bela diri dengan iringan musik.

Berbagai seni tradisional yang bisa kamu tonton di amphitheatre ini antara lain Degungan, Karinding, Ngibing, hingga Kecapi Suling. Fyi, pertunjukan tersebut diadakan setiap Sabtu dan Minggu, serta mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

5. Camping di wisata Situ Gunung

Camping Situ Gunung (Foto: instagram.com/titahayunir)
instagram.com/titahayunir

Belum puas menikmati suasana alam di Situ Gunung? Kamu bisa kok, mendirikan tenda dan bermalam di sini. Setelah mendirikan tenda, malamnya kamu bisa menghangatkan tubuh di sekitar api unggun bersama kelompokmu.

Tapi sebelum mendirikan camping di wisata Sukabumi ini, alangkah baiknya untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar acara kemahmu lebih seru.

6. Mampir di De' Balcone Resto saat lapar melanda

Situ Gunung Suspension Bridge (Foto: instagram.com/fath_zm)
instagram.com/fath_zm

Saat lapar melanda begitu selesai melewati jemabtan gantung, mampir di Curug Sawer, maupun Danau Situ Gunung, kamu bisa mengunjungi De' Balcone Resto.

Di sini, banyak tersedia makanan kaya akan rempah rempah serta minuman yang bakal menghangatkan tubuhmu. Contohnya seperti Bandrek, minuman hangat khas Sunda yang pantang kamu lewatkan.

De Balcone Situ Gunung (Foto: instagram.com/situgunungsuspensionbridge)
instagram.com/situgunungsuspensionbridge

Sambil menikmati beragam menu di sini, kamu bakal dimanjakan dengan konsep resto yang seolah menyatu dengan alam. Bahkan di bagian balkonnya, ada spot dengan latar belakang hutan serta jembatan gantung yang jadi favorit traveler untuk hunting foto.

Baca juga: Menyaksikan Indahnya Geopark Ciletuh dari Puncak Darma, Kapan Kamu Mampir?

Wah, Situ Gunung Suspension Bridge ternyata bukan cuma sekadar membuatmu bisa melewati jembatan gantung yang fenomenal ya? Berbagai atraksi dan destinasi menarik lainnya juga bisa kamu kunjungi selama berada di tempat wisata Sukabumi ini.