Liburan Rasa Jepang di Danau Yeh Malet Karangasem Bali, Pesonanya Bikin Lupa Waktu!

14 May 2019, at 04:00
0
0
Liburan Rasa Jepang di Danau Yeh Malet Karangasem Bali, Pesonanya Bikin Lupa Waktu!

Keberadaan Danau Yeh Malet kadang terlupakan. Padahal wisata yang ada di Kabupaten Karangasem ini nggak kalah cantik dari destinasi lain di Pulau Dewata. Bahkan beberapa orang kadang menyebutnya mirip objek wisata di Jepang maupun Eropa.

Selain dijadikan tempat hunting foto maupun relaksasi, ternyata danau di Bali ini punya daya tarik lain. Apa saja itu?

Baca juga: Taman Jinja, Pesona Wisata di Karangasem Bali Bak Negeri Sakura

1. Sudah ada sejak zaman kerajaan

danau yeh malet bali
instagram.com/yuni_chomeel

Keberadaan Danau Yeh Malet menurut warga setempat sudah ada sejak zaman kerajaan. Dulunya, air di snaa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari warga setempat, termasuk mengairi sawah petani. Tapi sekitar tahun 80-an, danau tersebut mulai nggak terurus.

Bahkan banyak eceng gondok yang tumbuh. Kemudian danau tersebut pun terus mengalami pendangkalan, dimana sekarang kedalamannya sudah mencapai 1,5 meter.

2. Dulu dikenal sebagai danau yang tercemar

danau yeh malet karangasem
instagram.com/ellchintya

Saking nggak terawatnya, air di danau ini cenderung kotor dan tercemar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya eceng gondok yang tumbuh di wisata Bali tersebut.

Kemudian ada kelompok pecinta lingkungan di Karangasem yang peduli dan mulai membersihkannya. Hasilnya pun nyata. Sekarang keberadaan Danau Yeh Malet sudah dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat.

3. Sumber air Danau Yeh Malet

yehmalet karangasem
instagram.com/dedik_armawann

Warga setempat meyakini bahwa ada banyak sumber air yang mengalir ke danau, seperti yang ada di sisi timur laut dan Pura Subak yang berdiri di destinasi wisata ini.

Meski begitu, danau ini juga biasa surut. Khususnya saat musim kemarau, wilayah perairan ini bisa sangat kering. Sebaliknya, ketika musim penghujan, danau kembali terisi air.

4. Pesona 3 bukit di Danau Yeh Malet

wisata danau yeh malet karangasem
instagram.com/molo.silaban

Keindahan Danau Yeh Malet bukan cuma dilihat dari tanaman eceng gondok yang sudah ditata sedemikian rupa. Pesona tiga bukit yang mengelilingi wilayah perairan ini juga menambah daya tariknya.

Nama dataran tinggi itu adalah Bukit Catu di sebelah timur lau, Bukit Ceeng di utara, dan sebelah barat ada Bukit Tengah. Saat ada di danau ini, kamu bisa melihat ketiganya berdiri dengan gagah.

Baca juga: Cantiknya Tirta Gangga Karangasem, Wisata di Bali yang Menyimpan Banyak Makna

5. Aktivitas seru di Danau Yeh Malet

danau yeh malet
instagram.com/oky_rianto

Selain menikmati pemandangan sekitar, kamu juga bisa coba naik perahu rakit yang sengaja dibuat oleh warga. Tarif per orangnya cuma Rp15.000,00, lho.

Dengan biaya itu, kamu akan diajak keliling danau yang luasnya mencapai 7 hektar. Seru, kan?

6. Peraturan di Danau Yeh Malet

wisata danau yeh malet
instagram.com/tanialitadevi

Saat datang ke tempat wisata di Karangasem Bali ini, artinya kamu siap menaati segala peraturan yang ada. Salah satunya adalah larangan untuk mengucapkan kata-kata nggak sopan, terutama saat berada di tengah danau.

Selain itu, wanita yang sedang datang bulan juga nggak diperkenankan naik perahu rakit menyusuri danau. Ini karena menurut warga setempat, wilayah ini disucikan.

7. Cara ke Danau Yeh Malet

wisata danau yeh malet bali
instagram.com/adytama_kenzie

Lokasi Danau Yeh Malet sendiri ada di Dusun Yeh Malet, Desa Antiga Lot, Kecamatan Manggis. Dari pusat Kota Karangasem, jaraknya sekitar 39 kilometer, yang artinya bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam 15 menit berkendara.

Patokannya adalah setelah tugu perbatasan Kabupaten Klungkung dan Karangasem, ada rest area di kanan jalan tepi pantai Yeh Malet. Tepat di puluhan meter setelah tempat peristirahatan tersebut ada pertigaan. Kamu bisa belok kiri ke Jalan Taman Sari (sebelum Banjar Yeh Malet). Sekitar 750 meter, kamu pun akan sampai di tujuan.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang Danau Yeh Malet yang keindahannya jarang diketahui orang. Padahal pesona destinasi ini nggak kalah dari wisata di Bali yang lainnya. Yuk buruan mampir mumpung tiket masuknya masih gratis!

0 Comment