Qupas Healthy

Lindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit, Ini Cara Alami Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

27 January 2020, at 08:00
1
Lindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit, Ini Cara Alami Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Musim hujan biasanya datang bersamaan dengan berbagai penyakit yang siap menyerang. Maka dari itu, kamu butuh sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk menangkalnya.

Selain itu, wabah virus corona yang menyebar dari China beberapa waktu terakhir juga menjadi salah satu alasan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena masalah kesehatan tersebut belum memiliki vaksin atau obat penawar.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara alami meningkatkan sistem kekabalan tubuh yang bisa kamu lakukan. Nggak terlalu sulit, kok!

1. Pola Makan Sehat

Ilustrasi Pola Makan Sehat (Foto: womenshealth.com.au)
womenshealth.com.au

Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang pertama adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah karena di dalamnya terkandung vitamin dan mineral dan hindari junk food.

Nggak hanya menunya, porsi makan pun harus diperhatikan dengan baik, usahakan untuk nggak kurang atau lebih. Pernah dengan istilah "hara hachi bu"? Pepatah Jepang tersebut berarti "makan sampai 80 persen penuh".

Selain menghindari terlalu banyak makan, hal tersebut juga akan mengurangi risiko gangguan pencernaan. Apabila pencernaan nggak sehat, maka kekuatan sistem kekebalan tubuh pun akan menurun.

2. Rutin Berolahraga

Ilustrasi Olahraga (Foto: pexels.com/@pixabay)
pexels.com/@pixabay

Selain menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga juga merupakan salah satu cara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa kamu lakukan.

Baiknya, kamu melakukan olahraga rutin selama 30 menit setiap harinya. Nggak perlu yang terlalu berat kok, lari atau berjalan kaki saja cukup asalkan dilakukan secara konsisten.

3. Tidur yang Cukup

Ilustrasi Tidur (Foto: pexels.com/@samraetom)
pexels.com/@samraetom

Cara lain untuk meningkatkan sistem imun secara alami adalah dengan tidur yang cukup. Pasalnya, kurang tidur akan menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Penuhi kebutuhan tidur sesuai dengan usiamu. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 8 jam sedangkan ramaja butuh lebih banyak yaitu selama 9 sampai 10 jam.

Baca juga: Sering Sakit? Hindari 5 Hal yang Dapat Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh Ini

4. Kelola Stres

Ilustrasi Membaca Buku (Foto: pexels.com/@coco-hache)
pexels.com/@coco-hache

Tahu nggak sih, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh lho. Hal tersebut disebabkan oleh produksi hormon kortisol yang berlebihan.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengelola stres agar sistem imun tetap terjaga. Bersantailah dengan menonton film atau membaca buku beberapa jam sehari untuk menenangkan pikiran dan melepaskan diri dari segala tekanan.

5. Hindari Alkohol dan Rokok

Ilustrasi Alkohol (Foto: pexels.com/@tbphotography)
pexels.com/@tbphotography

Sistem kekebalan tubuh juga akan melemah apabila seseorang sering terpapar asap rokok dan alkohol.

Maka dari itu, menghindari konsumsi alkohol dan rokok merupakan salah satu cara alami untuk menjaga imunitas tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

6. Sempatkan untuk Minum Teh

Ilustrasi Minum Teh (Foto: pexels.com/@burst)
pexels.com/@burst

Minum teh sembari bersantai juga bisa menjadi salah satu cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho.

Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menyebutkan bahwa orang yang minum 5 cangkir teh hitam selama 2 minggu memiliki kadar interferon penangkal virus yang cukup tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam amino dan L-theanin di dalamnya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.