Lingkungan yang Terlalu Bersih Malah Bikin Anak Nggak Kebal Penyakit? Ibu Muda Wajib Tahu!

18 May 2019, at 00:00
0
0
Lingkungan yang Terlalu Bersih Malah Bikin Anak Nggak Kebal Penyakit? Ibu Muda Wajib Tahu!

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran, ketelatenan, bahkan pengorbanan untuk membesarkan buah hati, terlebih dalam menjaga kesehatan mereka.

Memangnya siapa sih orang tua yang ingin anaknya sakit? Oleh sebab itu, mereka akan rela melakukan apapun demi menjaga kesehatan buah hati.

Hal tersebut meliputi pemberian makanan sehat, vitamin, atau penggunaan produk-produk anti bakteri untuk anak. Beberapa orang tua juga mungkin akan menjaga lingkungan agar selalu bersih untuk mencegah adanya virus, kuman, dan bakteri.

Baca Juga: Belajar dari Kasus Bayi Ryu yang Sedang Viral, Yuk Kenali Penyakit Dermatitis Atopik Pada Anak

Namun, benarkah menjaga lingkungan terlalu bersih baik untuk kesehatan anak? Atau hal tersebut justru memicu masalah lain?

terlalu menjaga kebersihan bayi
pexels.com/@daria

Kesehatan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, lingkungan yang kotor adalah sarang yang nyaman bagi kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Namun, menurut spesialis kulit dr. Arthur S. Simon, Sp.KK terlalu menjaga kebersihan anak pada bayi justru berdampak buruk bagi sistem kekebalan tubuhnya.

Hal ini karena buah hati menjadi jarang mengenali dan bersentuhan dengan kuman, sehingga tubuh lebih mudah kaget dan terserang penyakit.

bayi alergi
istockphoto.com

Menjaga anak dan lingkungan selalu super bersih membuat sistem kekebalan tubuhnya akan selalu berada dalam mode istirahat dan nggak berkembang apabila nggak bersentuhan dengan bakteri, virus, maupun kuman.

Baca Juga: Bersin Karena Pilik Atau Alergi? Begini Cara Membedakannya

Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko alergi dan asma pada anak karena nggak mengenali alergen yang ada di sekitar lingkungannya.

Sebuah konferensi alergi dan rhinologi yang diadakan di Singapura beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa anak yang sering berinteraksi dengan hewan peliharaan atau berada di lingkungan kotor memiliki risiko yang rendah terhadap alergi dan asma.

Sedangkan anak-anak yang terlalu dijaga kebersihannya justru rentan dengan berbagai alergi. Oleh sebab itu, orang tua atau ibu sebaiknya wajib mengetahui hal ini agar nggak menyesal kemudian.

bermain di luar rumah
pexels.com/@pixabay

Nggak masalah membuat anak berkenalan dengan sesuatu yang kotor, membiarkannya bermain di luar rumah, atau memegang hewan peliharaan.

Terlalu sering menggunakan produk anti bakteri juga nggak disarankan, apalagi sabun yang bersifat demikian dapat membuat kulit anak atau bayi menjadi lebih kering dan rentan dengan alergen.

Baca Juga: Dianggap Jorok, Beberapa Kebiasaan Ini Justru Menyehatkan

Sebaiknya, jangan terlalu sering membersihkan tangan anak. Bersihkanlah saat si buah hati akan makan, sebelum tidur, setelah dari toilet, dan bermain kotor-kotor serta memegang hewan.

Menjaga kebersihan merupakan hal yang baik, namun sebaiknya dilakukan sewajarnya saja, ya Sobat Qupas. Meskipun demikian, nggak lantas kamu boleh membiarkan anak terlalu kotor juga ya!

0 Comment