Qupas Food

Lontong Kari Kebon Karet, Kuliner Bandung Masuk Gang yang Diburu Pecinta Masakan Legendaris

14 May 2020, at 03:01
Lontong Kari Kebon Karet, Kuliner Bandung Masuk Gang yang Diburu Pecinta Masakan Legendaris

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia tahu seputar Lontong Kari Kebon Karet yang jadi kuliner legendaris di Kota Bandung. Sudah bertahan puluhan tahun, jelas soal cita rasa nggak perlu diragukan lagi.

Tapi, kalau sobat Qupas selalu mengira tempat makan legendaris selalu berada di pinggir jalan, kuliner khas Bandung ini malah berada di gang sempit.

Walau berada di gang sempit, Lontong Kari Kebon Karet ini nggak sulit untuk ditemukan lho. Hm...sebelum mampir ke sana, seenggaknya mengenal dulu kuliner berkuah hangat khas Bandung yang satu ini.

1. Kuliner Bandung sejak tahun 1966

Lontong Kari Bandung (Foto: instagram.com/lets.go.eat)
instagram.com/lets.go.eat

Lontong Kari Kebon Karet menjadi salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1966. Awalnya, kuliner berkuah khas Bandung ini dijajakan dengan gerobak di pinggir jalan.

Pada tahun 1999, akhirnya ia menetap di sebuah rumah dalam gang sempit hingga hari ini.

2. Tetap bertahan dengan keunikan rasa dan kualitas daging

Keunikan Rasa Lontong Kari (Foto: instagram.com/bandungeveryday)
instagram.com/bandungeveryday

Walau berada di gang sempit, lantas nggak membuat pecinta masakan Nusantara menjadi patah semangat. Buktinya hingga hari ini, masih banyak masyarakat atau wisatawan yang memadati tempat makan sederhana ini.

Itu karena kedai masakan Nusantara ini selalu menjaga keistimewaan rasa agar selalu hidup di hati para pecinta masakan. Nggak hanya itu, tapi juga kualitas daging yang dipilihnya.

Dalam semangkuk lontong kari, kamu akan menemukan tetelan urat dan daging dari sengkel tanpa ada setitik lemak yang menempel.

Baca juga: 5 Kuliner Durian di Bandung yang Super Yummy dan Nggak Ada Duanya

3. Keistimewaan sajian lontong kari yang menggoda

Sajian Lontong Kari (Foto: instagram.com/jalanjajan_minho)
instagram.com/jalanjajan_minho

Sajian Lontong Kari Kebon Karet memang menggoda sekali, terlihat dari kuahnya yang berwarna kuning kecokelatan dan porsinya yang cukup banyak hingga meluber di bibir piring.

Isiannya ada tetelan sapi, bawang goreng, telur, kentang rebus, dan kerupuk emping. Biar mengenyangkan lagi, ada tambahan irisan telur rebus dan kacang goreng.

4. Ada minuman istimewa untuk melengkapi enaknya lontong kari

Minuman Istimewa di Lontong Kari (Foto: instagram.com/bandung_eatery)
instagram.com/bandung_eatery

Setelah puas menikmati semangkuk lontong kari, biar makin kepuasanmu makin lengkap minumnya es campur.

Berisikan irisan alpukat, potongan cincau hitam, kolang kaling, dan parutan kelapa. Istimewanya lagi, ada lelehan dark chocolate di atasnya juga lho.

5. Lokasi Lontong Kari Kebon Karet

Lokasi Lontong Kari Kebon Karet (Foto: instagram.com/bandung_eatery)
instagram.com/bandung_eatery

Walau berjualan di gang sempit, Lontong Kari Kebon Karet sangatlah mudah untuk ditemukan. Itu karena lokasinya memang nggak jauh dari daerah Otto Iskandar Dinata, Bandung.

Di depan gang juga terdapat banner besar bertuliskan nama dari tempat makan legendaris Bandung ini. Buka dari jam 7 pagi dan tutup di jam 9 malam.

Untuk harga satu porsi lontong kari khas Bandung ini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp25 ribu dan untuk es campur hanyar Rp12 ribu. Jadi, kapan kamu mau mampir ke sini nih?