Lontong Orari Banjarmasin, Kuliner Negeri Seribu Sungai yang Nikmatnya Bikin Nagih

01 October 2019, at 19:00
0
0
Lontong Orari Banjarmasin, Kuliner Negeri Seribu Sungai yang Nikmatnya Bikin Nagih

Nggak hanya Soto Banjar saja yang bisa kamu nikmati sesampainya di Banjarmasin. Di Negeri Seribu Sungai ini juga ada kuliner berkuah lainnya yang punya cita rasa gurih.

Salah satunya lontong orari yang nikmat dan enak disantap saat pagi ataupun malam hari. Wah, seperti apa rasanya? Dari pada penasaran, baca ulasan singkat berikut ini!

1. Kuliner legendaris yang ada sejak tahun 1980an

kuliner legendaris banjarmasin
instagram.com/reinaldolauw

Kuliner legendaris Nusantara ini sudah ada sejak 31 tahun yang lalu. Didirikan oleh Hj Rusminah pada tahun 1986, lontong orari menjadi perburuan banyak wisatawan lokal. Itu karena gurih dan lembutnya lontong berbentuk segitiga yang jarang ditemui.

Menariknya lagi, dulunya warung makan ini jadi tempat nongkrong komunitas anak muda. Lah kenapa ya?

2. Sering jadi tongkrongan komunitas anak-anak radio amatir

lontong orari banjarmasin
instagram.com/sasmitaedo

Jadi, tempat makan enak di Banjarmasin ini dulunya adalah tongkrongan anak-anak muda yang tergabung dalam sebuah komunitas radio amatir.

Nah, dari situlah nama orari disematkan di masakan legendaris ini. Tempatnya yang berupa lesehan membuat warung makan ini jadi primadonanya anak-anak muda untuk berkumpul. Ditambah lagi angin sepoi-sepoi bisa kamu rasakan saat di sini.

3. Pembuatan lontong yang istimewa, hasilnya pun menggoyang lidah

harga lontong orari banjarmasin
instagram.com/reinaldolauw

Cara untuk membuat lontong ini sedikit berbeda. Beras dituang ke dalam daun pisang yang berbentuk segitiga pipih.

Kemudian direbus selama 8 jam. Lamanya waktu merebus lontong ini bertujuan agar bisa mendapatkan tekstur yang lembut dan kenyal.

Baca juga: Soto Bangkong Semarang, Kuliner Legendaris dengan Kuah Kaldu dan Aneka Sate yang Khas

4. Masih menggunakan alat masak yang sederhana

kuliner legendaris banjarmasin
instagram.com/dietnyabesok

Agar cita rasa pada masakannya istimewa, lontong orari dimasak dengan kompor minyak. Alat masak itu menjadi kunci utama yang membuat cita rasa masakan nggak berubah.

Nggak hanya cara memasaknya saja yang spesial, tapi juga irisan ayam rempah kecap yang manis dan empuk. Kemudian diolah dengan potongan nangka.

Kuah lontongnya dibuat dengan perpaduan bumbu santan dan sedikit minyak. Nggak lupa juga dengan taburan bawang goreng yang selalu jadi pelengkap kuliner Banjarmasin ini.

5. Lokasi Lontong Orari Banjarmasin

lokasi lontong orari banjarmasin
rizkyashya.com

Lokasi Lontong Orari Banjarmasin berada di Jalan Sungai Mesa, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah. Buka mulai dari jam 9 pagi hingga 3 dini hari.

Harga seporsi menu lontong orari komplit dibanderol sebesar Rp60 ribu. Sedangkan untuk menu lontong biasa yang berisi ayam dan telur hanya Rp35 ribu saja.

Gimana, sobat Qupas tertarik untuk mencicipi menu masakan legendaris Banjarmasin ini bukan? Mampir yuk!

0 Comment