Qupas Food

Lotek Kalipah Apo 42, Masakan Khas Bandung yang Sudah Ada Sejak Setengah Abad Lalu

26 December 2019, at 05:00
Lotek Kalipah Apo 42, Masakan Khas Bandung yang Sudah Ada Sejak Setengah Abad Lalu

Destinasi wisata yang ada di Kota Kembang, Bandung, memang nggak perlu dipertanyakan lagi. Terlebih, soal kulinernya yang menggoyang lidah.

Duh, bikin nggak pengen pulang deh! Salah satu masakan khas Bandung yang bisa kamu coba tanpa meragukan lagi citarasanya adalah Lotek Kalipah Apo 42.

Kuliner khas sejak setengah abad yang lalu ini menawarkan irisan sayur mayur dan potongan ketupat yang mengenyangkan. Penasaran dengan isian lain dari masakan ini? Simak yuk!

1. Ini lho masakan legendaris Bandung paling dicari

lotek kalipah apo 42
​​​​instagram.com/my.appetite

Kuliner legendaris di Bandung ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Tempat makan ini memang sudah terkenal sejak 50 tahun yang lalu dari mulut ke mulut.

Walau sudah ada sejak lama, tapi Lotek Kalipah Apo 42 ini nggak hanya digandrungi oleh orang tua saja. Anak-anak muda pun ingin menikmati menu makanan sehat ini.

2. Kombinasi rujak buah dan asinan sayur

masakan khas Bandung
​​​instagram.com/foodaholicpr

Berdiri di sebuah rumah dengan bangunan ala kolonial Belanda yang nggak berubah sejak puluhan tahun yang lalu. Tapi, Lotek Kalipah Apo 42 ini tetap terlihat bersih karena dindingnya yang berkeramik putih.

Loteknya diracik dengan bumbu ulekan. Untuk bahan lotek dan bumbu lotek sudah tersaji di sebuah etalase.

Jadi, seramai apapun antreannya nggak akan membuatmu menunggu lama untuk bisa menikmati masakan khas Bandung yang satu ini.

3. Dibuat dengan ulekan bumbu yang istimewa

kuliner legendaris bandung
instagram.com/dilla_qodhiel

Untuk bumbu uleknya cukup istimewa, disajikan dengan gundukan sayur yang memiliki aroma gurih legit. Nggak hanya itu saja, ada citarasa aroma udang dari remahan kerupuk udang yang disajikan.

Sayurannya pun terbilang cukup melimpah, ada kol, taoge, kacang panjang, irisan nangka muda, irisan kangkung, dan irisan bayam.

Kamu juga bisa meminta tambahan potongan ketupat, tempe, dan tahu goreng biar makin kenyang.

Baca juga: Boda Barn Lembang, Kafe Baru di Kawasan Wisata Punclut yang Menawarkan Pemandangan Cantik

4. Ada bubur manis sebagai dessert legitnya

bubur manis di lotek kalipah apo 42
instagram.com/foodaholicpr

Beralih ke menu lainnya, ada aneka rujak dan asinan, es campur, dan bubur manis. Semua bahan sudah disiapkan di sebuah etalase kaca.

Jadi, semua bahan masakan bisa langsung diracik dalam sebuah piring tanpa harus menunggu lama-lama lagi.

Kamu bisa menikmati rujak banci yang memadukan rujak buah dan asinan sayur. Bumbu cuka asinan yang berwarna oranye, terbilang cukup encer. Tapi tetap menyegarkan lho!

5. Lokasi Lotek Kalipah Apo 42

lokasi lotek kalipah apo 42
​​​instagram.com/stalkermakan

Untuk bisa berburu masakan khas Bandung yang satu ini, kamu bisa langsung mampir ke Jalan Kalipah Apo No.42, Bandung. Buka setiap hari kecuali hari Selasa. Mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore.

Lotek Kalipah Apo 42 ini menawarkan menu masakan khas Bandung dengan harga mulai dari Rp16 ribu saja lho. Dalam satu rumah makan, ada banyak masakan menyehatkan yang bisa kamu nikmati!

Nah, itulah kuliner enak Bandung yang bisa kamu kunjungi. Tentunya dengan citarasa lezat yang nggak berubah sejak puluhan tahun lalu. Berminat untuk mencobanya?