Lubang Sewu Erorejo, Wisata Alam Wonosobo yang Unik dan Bikin Feed Instagram Jadi Cantik

15 July 2019, at 05:00
0
0
Lubang Sewu Erorejo, Wisata Alam Wonosobo yang Unik dan Bikin Feed Instagram Jadi Cantik

Mendengar kata Wonosobo, mungkin yang terlintas di dalam pikiran sebagian besar orang adalah alamnya yang cantik dan udaranya yang sejuk.

Selain itu, Wonosobo juga sangat identik dengan salah satu objek wisata Indonesia yang sudah terkenal yaitu Kawasan Dieng.

Akan tetapi, kota dingin tersebut ternyata memiliki objek wisata lain yang nggak kalah seru dan menarik. Salah satunya adalah Lubang Sewu.

Baca Juga: Suhu Dingin Diprediksi Mencapai Puncak Saat Dieng Culture Festival, Ini yang Harus Dipersiapkan

Meskipun masih asing bagi sebagian orang, kamu perlu mengetahui keunikan Lubang Sewu yang cantik dan instagenik seperti berikut ini.

1. Terletak di Sekitar Waduk Wadaslintang

lokasi lubang sewu erorejo
instagram.com/white.coff33

Lubang Sewu sebenarnya merupakan tepian Waduk Wadaslintang yang berada di desa Erorejo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dan biasanya digunakan sebagai tempat memancing ikan bagi warga sekitar.

Sedangkan Waduk Wadaslintang sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam menopang kehidupan masyarakat di sekitarnya.

lubang sewu
instagram.com/vaniasalsabila_

Objek wisata yang diresmikan pada tahun 2015 ini berupa batuan kapur yang berjajar unik dan membentuk pola di tepi waduk. Beberapa orang mengatakan bahwa Lubang Sewu terlihat seperti Grand Canyon putih dengan ukuran yang lebih kecil.

Nama Lubang Sewu sendiri diberikan oleh masyarakat setempat karena batuan kapur tersebut memiliki banyak lubang.

2. Objek Wisata Musiman

objek wisata musiman
instagram.com/patrishiela

Selain bentuknya yang unik, ternyata Lubang Sewu dapat dikatakan sebagai objek wisata musiman lho. Pasalnya, batuan kapur putih yang instagenik tersebut nggak bisa ditemukan kapan saja.

Batuan-batuan unik tersebut akan muncul saat air waduk surut di musim kemarau. Sedangkan saat musim hujan datang, biasanya objek wisata ini akan tenggelam.

3. Spot Foto yang Instagenik

instagenik
instagram.com/herman.lubis

Salah satu hal yang diunggulkan dari Lubang Sewu adalah lanskap menawan yang instagenik. Objek wisata ini pun pada awalnya mulai dikenal oleh masyarakat karena beberapa pengunjung yang mengunggah fotonya di instagram.

Batuan kapur yang menjulang tinggi dan waduk yang masih asri dapat menjadi latar belakang yang indah dalam jepretan lensa kameramu.

Baca Juga: Wisata Alam Bukit Hud, Spot Asyik Nikmati Pantai di Kebumen dari Ketinggian

4. Menikmati Senja dan Keindahan Waduk

menikmati senja dan keindahan waduk
instagram.com/p/Bpx5X8wl2vz

Sebenarnya, bukan hanya batuan kapur unik saja yang bisa kamu nikmati di Lubang Sewu. Melainkan juga keindahan Waduk Wadaslintang yang sangat besar.

Menikmati udara yang masih sejuk dan asri sembari menyantap makanan khas Wonosobo yang dijual di sekitar Lubang Sewu membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di tempat tersebut.

Jika datang di sore hari, kamu bisa menyaksikan pemandangan menawan yaitu matahari terbenam di waduk dari atas bebatuan Lubang Sewu.

5. Cara ke Lubang Sewu

cara ke lubang sewu
instagram.com/wuland_diyah

Perjalanan menuju objek wisata Lubang Sewu Erorejo ini nggak sulit kok. Jika berangkat dari terminal Sawangan, kamu bisa mengambil menuju pasar Wadaslintang yang kurang lebih memakan waktu sekitar 45 menit.

Dari pasar, teruskan perjalanan menuju Desa Erorejo. Menempuh waktu sekitar 20 menit, kamu akan disambut oleh petunjuk jalan menuju Lubang Sewu.

6. Tiket Masuk Lubang Sewu

tiket masuk lubang sewu
instagram.com/arifinmuchariss

Untuk mengunjungi Lubang Sewu, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan membayar Rp10.000,00 saja kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang menawan.

Meskipun murah, namun destinasi wisata Wonosobo ini sangat dijaga kelestariannya oleh masyarakat dan pemerintah sekitar.

Oleh sebab itu, usahakan untuk nggak melakukan hal-hal yang berpotensi merusak keindahan wisata alam Wonosobo tersebut saat berkunjung ke sana ya Sobat Qupas.

0 Comment