Lulus Cepat Tapi Masih Nganggur, Begini Cara Atasi Stres Karena Gagal Diterima Kerja

03 January 2019, pada 03:00
0
0
Lulus Cepat Tapi Masih Nganggur, Begini Cara Atasi Stres Karena Gagal Diterima Kerja

Menghadapi penolakan dalam bentuk apapun memang sulit untuk diterima. Apalagi oleh perusahaan yang sudah diidam-idamkan untuk menjadi tempat kerja. Mungkin tidak ada yang bisa menghindari titik penolakan yang satu ini, setiap orang pasti mengalaminya.

Masalah lamaran pekerjaan ditolak ini bisa jadi kamu alami. Sedih dan kecewa merupakan hal yang wajar kamu rasakan dalam keadaan tersebut.

Apalagi jika kamu lulus tepat waktu akan tetapi lama menjadi pengangguran. Sedangkan teman-temanmu yang lulusnya bersamaan atau bahkan lebih lama dari kamu sudah mendapatkan pekerjaan.

Jika kamu sedang dalam keadaan ini, mungkin kamu akan stres dan depresi. Begini cara mengatasi stres akibat gagal diterima kerja.

1. Jangan Diambil Hati

jangan diambil hati
pexels.com/@rebcenter-moscow-179322

Saat melamar pekerjaan, hanya ada dua kemungkinan, diterima atau ditolak. Suka atau tidak, mau atau tidak, kamu harus siap menghadapi salah satu dari dua pilihan tersebut. Jangan terlalu diambil hati jika kamu ditolak oleh sebuah perusahaan.

sedih ditolak pekerjaan
pexels.com/@juanpphotoandvideo

Patah hati karena ditolak pekerjaan memang wajar, namun hal ini bukan sekedar karena kamu tidak pantas atau bagaimana untuk perusahaan tersebut. Tetapi bisa jadi ada banyak pelamar lain yang memiliki kualitas yang sama atau di atasmu.

Selain itu pemilihan perusahaan juga bisa jadi menjadi penyebab kegagalanmu.

2. Fokus Pada Potensi Diri

mengembangkan potensi diri
pexels.com/@-rahulshah-

Jangan lama-lama tenggelam dalam kekecewaan. Kamu harus cepat bangkit. Gunakan waktu luangmu untuk meningkatkan potensi diri atau untuk mengetahui apa yang paling ingin kamu lakukan.

fokus pada potensi diri
pexels.com/@punttim

Ketika kamu melamar pekerjaan, perusahaan tersebut akan suka jika kamu mengetahui dengan yakin apa potensi dan dimana kamu seharusnya ditempatkan.

Perusahaan juga biasanya akan senang dengan orang-orang yang mengetahui keinginannya dengan pasti.

3. Belajar dari Kesalahan

belajar
pexels.com/@pixabay

Sekali ditolak, mungkin merupakan hal yang wajar. Apabila kamu sudah beberapa kali ditolak, mungkin hal tersebut karena kamu tidak belajar dari kesalahan yang sebelumnya kamu lakukan pada penolakan pertama.

belajar dari kesalahan
pexels.com/@nguyendesigner

Tanyakan pada diri sendiri apa yang menjadi kekuranganmu kemudian tutupilah hal tersebut dengan kerja keras dan tekat yang kuat. Selalu ada hikmah kok dari sebuah penolakan, kamu pasti akan jadi tahu apa yang minus pada dirimu.

Baca Juga: Perhatikan, Tanda ini Muncul Saat Kamu Stres dan Butuh Piknik

4. Kamu Tidak Sendirian

kamu tidak sendirian
pexels.com/@kaiquestr

Di dunia ini, bukan kamu satu-satunya orang yang gagal dalam mencari pekerjaan. Mungkin teman-temanmu memang sudah banyak yang bekerja. Akan tetapi di luar sana masih ada banyak orang yang berjuang mendapatkan karier impian.

banyak pengangguran
pexels.com/@rawpixel

Kamu harus tahu bahwa kamu tidak sendirian. Maka kamu tidak boleh menyalahkan diri sendiri terus-menerus dan merasa bahwa kamu orang yang tidak berguna atau tidak beruntung. Jangan pernah berpikir seperti itu karena setiap orang memiliki potensinya masing-masing.

5. Berpikir Positif dan Berolahraga

berpikir positif
pexels.com/@stefanstefancik

Salah satu cara untuk meredakan stres dan rasa kecewa karena ditolak pekerjaan adalah dengan selalu berpikir positif. Jika kamu berpikir negatif, entah itu tentang kamu, perusahannya, atau apapun, hal tersebut justru akan memperparah stresmu.

berolahraga
pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

Selain berpikir positif, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga yang simpel seperti lari karena ini selain membuatmu sehat juga akan memacu adrenalin sehingga kamu menjadi semangat kembali.

Jangan pernah patah semangat! Setiap orang memiliki potensi dan waktunya masing-masing. Mungkin sekarang belum waktunya. Ketika kamu ditolak oleh sebuah perusahaan yang menurutmu terbaik, di luar sana masih ada perusahaan yang lebih baik lagi.

Masih ada harapan dan kemungkinan kamu akan masuk di perusahaan tersebut asalkan kamu tidak berhenti berusaha.

0 Komentar