Lumpia Sami Jaya, Jajanan Pinggir Jalan di Jogja yang Renyahnya Kress Kress

21 March 2019, at 19:00
0
1
Lumpia Sami Jaya, Jajanan Pinggir Jalan di Jogja yang Renyahnya Kress Kress

Jogja bukan hanya terkenal dengan budayanya yang kental. Tapi juga masyarakatnya yang ramah kepada para wisatawan lokal maupun asing.

Selain itu, berbagai kuliner khas Yogyakarta bisa dicicipi selama berada di sana. Mulai dari cita rasa pedas hingga manis, menu makanan berkuah hingga yang digoreng renyah.

Nggak kalah juga jajanan pinggir jalannya yang punya rasa juara banget. Salah satunya adalah Lumpia Sami Jaya yang antreannya mengular hingga sekitaran jalanan Malioboro.

1. Jajanan Legendaris Sejak Tahun 1976

jajanan pinggir jalan di jogja
instagram.com/shintarustam

Kalau lagi jalan-jalan di Jogja, nggak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi jalan Malioboro. Deretan panganan pinggir jalan dengan aroma lezat menyerbak.

Tentu menarik para penikmat makanan untuk datang mencicipinya. Salah satu diantaranya adalah jajanan pinggir jalan Jogja, Lumpia Sami Jaya.

lumpia sami jaya
instagram.com/jogjaeatguide

Sudah buka sejak tahun 1976 yang lalu dan berdiri hingga sekarang. Tentunya dengan mempertahankan cita rasa enak, gurih, dan nikmat untuk bersaing dengan bisnis jajan yang kini kian menjamur.

Dirintis oleh Nur Seno, yang kini usaha lumpia ini sudah beralih dikelolah oleh generasi kedua. Tapi soal rasa tak jauh berbeda.

2. Aneka Jenis Lumpia yang Beda dari Daerah Lainnya

lumpia gurih di jogja
instagram.com/cecegagemukgemuk

Nama Lumpia Sami Jaya berawal dari tempat dimana pertama kalinya jajanan gurih ini dijual. Saat itu dijual di depan toko Sami Jaya.

Mulai dari situlah banyak orang menyebut kedai lumpia di Jogja ini dengan sebutan yang sekarang. Dari mulut ke mulut, nama jajan pinggir jalan ini terus melekat dan dikenal wisatawan.

Baca juga : Pilihan Kuliner Malam di Jogja, Nyesel Kalau nggak Nyobain

camilan khas jogja
instagram.com/streetfoodstories

Ada dua jenis pilihan rasa yang bisa dipesan, ayam dan telur puyuh. Ditambah lagi dengan saus bawang putih yang diberi parutan bengkoang segar nan melezatkan.

Disantap saat masih hangat akan terasa lebih nikmat. Ada tambahan acara yang menambah kenikmatan segar disetiap gigitan.

3. Lokasinya yang Mudah Dicari

lokasi lumpia sami jaya
instagram.com/kulineryogya

Untuk yang ingin mencicipi lumpia enak ini bisa saja berkunjung ke Jalan Malioboro, Jogja. Buka dari jam 3 sore hingga habis.

Tapi terkadang camilan gurih ini sudah dinantikan oleh banyak orang lho, nggak heran kalau antriannya panjang. Para pembeli yang datang pun silih berganti tak pernah sepi.

lokasi camilan jogja
instagram.com/cecegagemukgemuk

Harganya mulai dari Rp4000,00 saja. Cabai rawit hijau yang pedasnya sekali gigitan saja. Kudapan gurih ini juga disajikan spesial dengan selisih harga hanya Rp500,00 saja.

Gimana, jadi mau mencobanya nggak nih? Beli yang banyak ya, biar nggak menyesal sewaktu sampai di rumah.

Jajanan pinggir jalan di Jogja yang punya camilan murah meriah yang pas dikantong para backpacker. Biar liburan jadi semakin lengkap dan berkesan.

1 Comment
mfjrhs
22/03 - 13:07
yaampun ini itu enak bangett gilaa. ini lumpia palig enak yg pernah aku makan.