Qupas Travel

Lupakan Hotel, 5 Tempat Camping di Jawa Timur Ini Cocok untuk Staycation Murah

07 March 2020, at 04:00
Lupakan Hotel, 5 Tempat Camping di Jawa Timur Ini Cocok untuk Staycation Murah

Liburan diperlukan semua orang. Tapi apa daya kalau ternyata waktu dan dana yang tersedia terbatas. Belum lagi baru-baru ini wabah virus Corona sedang menghantui para traveler.

Daripada pusing dengan berita-berita tersebut dan berujung menurunkan sistem imun, mending keluar dari zona nyaman. Sejenak menikmati hawa sejuk atau sekadar staycation juga bisa jadi alternatif.

Nggak harus ke hotel kok. Kamu bisa staycation dengan mendirikan tenda. Beberapa tempat camping di Jawa Timur ini bisa jadi pilihanmu.

1. Paltuding Camping Ground Banyuwangi

Paltuding Camping Ground Banyuwangi (Foto: instagram.com/tjandra1871)
instagram.com/tjandra1871

Sebelum mendaki Gunung Ijen, pos yang pasti akan kamu singgahi adalah Paltuding. Baik via Banyuwangi maupun Bondowoso, semua pengunjung akan berkumpul di tempat satu ini. Di sini juga merupakan akses terakhir semua kendaraan.

Kamu bisa mendirikan tenda di lapangan yang tersedia di Pos Paltuding. Karena Wisata Kawah Ijen Banyuwangi membuka jalur pendakiannya di jam-jam tertentu, yaitu dari pukul 01.00 sampai 11.00 WIB, maka jangan heran kalau tempat ini bakal dipadati pengunjung lain, ya!

Lokasi Paltuding Camping Ground : Curah Macan, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi

Tiket masuk Paltuding Camping Ground : Biaya masuk wisata Rp5 ribu saat weekday dan Rp7.500 khusus weekend serta hari libur (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo (Foto: instagram.com/noviherdyy)
instagram.com/noviherdyy

Setelah sempat kebakaran beberapa bulan lalu, akhirnya pada Januari 2020 jalur pendakian Gunung Semeru dibuka kembali. Artinya, Ranu kumbolo juga bisa dikunjungi.

Selain sebagai pos pemberhentian mereka yang ingin mendaki ke Puncak Mahameru, di Ranu Kumbolo kamu bisa mendirikan tenda. Namun, harus mengikuti peraturan yang ditetapkan pengelola ya! Salah satunya adalah mendirikan tenda dengan jarak minimal 15 meter dari danau.

Lokasi Ranu Kumbolo : Ranu kumbolo, Tulungrejo, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang

Tiket masuk Ranu Kumbolo : Rp19 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Budug Asu

Budug Asu (Foto: instagram.com/fitrotulrahma)
instagram.com/fitrotulrahma

Tempat camping di Jawa Timur selanjutnya ada di Malang. Sebenarnya destinasi ini adalah bukit yang berada di Lereng Gunung Arjuno. Dinamakan Budug Asu karena di sekitar wisata banyak ditemukan anjing.

Berada di sini, kamu bukan hanya bisa melihat pemandangan alam sekitarnya. Mendirikan tenda pun bisa kamu lakukan. Soal peralatan camping, kamu bisa membawanya sendiri atau sewa di sekitar gerbang Budug Asu.

Lokasi Budug Asu : Kreweh, Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang

Tiket masuk Budug Asu : Rp10 ribu saat weekday dan Rp15 ribu untuk weekend (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Menyaksikan Gunung Arjuno dari Bukit Kuneer, Wisata Malang yang Hype di Kalangan Milenial

4. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung Mojokerto (Foto: instagram.com/kidangequipment)
instagram.com/kidangequipment

Bawa keluarga? Kamu bisa camping di area Air Terjun Dlundung. Suasananya masih alami dan jauh dari bisingnya suara kendaraan. Kendati demikian, di camping ground Mojogkerto ini masih cocok untuk anak-anak.

Kamu bisa membawa peralatan camping sendiri. Atau kalau nggak punya, bisa juga sewa dengan biaya sekitar Rp20 ribu sampai Rp50 ribuan.

Lokasi Air Terjun Dludung : Kemiloko, Trawas, Kabupaten Mojokerto

Tiket masuk Air Terjun Dlundung : Rp10 ribu untuk masuk wisata dan Rp5 ribu khusus camping ground (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Pinus Jungle Camp

Pinus Jungle Camp (Foto: instagram.com/wangsaadinata)
instagram.com/wangsaadinata

Tempat camping di Prigen ini masih terbilang baru karena digagas sejak Januari 2019 lalu. Berbagai kegiatan outbound pun bisa dilakukan di sini selain mendirikan tenda.

Nah, untuk kegiatan camping di sini, pengelola sudah membagi area pendirian tenda. Tujuannya agar lebih mudah diitentifikasi saat ada aktivitas berkemah secara bersamaan.

Lokasi Pinus Jungle Camp : Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan

Tiket masuk Pinus Jungle Camp : Rp250 ribu untuk paket lengkap wisata minimal 50 orang (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Wah, tempat camping di Jawa Timur ternyata cukup banyak yang menarik ya? Nggak selalu terletak di jalur pendakian gunung, yang letaknya di lereng pegunungan dan ramah anak-anak pun ada.