Maba Perlu Tahu! Ini Dia 5 Cara Menyesuaikan Diri dengan Cepat Saat Menjadi Mahasiswa Baru!

11 July 2018, at 18:00
2
0
Maba Perlu Tahu! Ini Dia 5 Cara Menyesuaikan Diri dengan Cepat Saat Menjadi Mahasiswa Baru!

Pengumuman SBMPTN 2018 telah diumumkan, artinya ada sekitar 300.000 ribu lulusan SMA yang akan menuju ke gerbang kehidupan perkuliahan. Selain pengumuman SBMPTN 2018, ada hal lain yang nggak kalah penting yaitu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kampus. Apalagi kalau kamu termasuk calon mahasiswa perantauan. Agar lebih siap, yuk simak tips agar kamu cepat beradaptasi dengan dunia perkuliahan.

 

graduate-and-international.uark.edu

 

Berkeliling kampus untuk mengurangi culture shock saat menjadi mahasiswa

Saat menjadi mahasiswa baru, hal pertama yang harus dilakukan sambil menunggu waktu masa orientasi adalah berkeliling kampus. Mengenal lebih jauh kampus secara fisik memang hal yang cukup asik. Berjalan sendirian dengan membaca papan nama prodi serta mencari tahu letak gedung-gedung tertentu akan menghindarkan kamu dari kebingungan jika suatu saat nanti perlu berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

 

Karena masih mahasiswa baru, jangan merasa asing dengan warga kampus ya

Selagi berjalan keliling kampus, sebagai mahasiswa baru pasti akan merasa asing jika bertemu warga kampus. Mungkin kamu juga akan merasa kaku saat bertemu dengan penjaga kantin atau satpam yang ada di gedung fakultas. Sesekali sapalah dan luangkan waktu untuk berbicara sebentar tentang kehidupan kampus. Mereka pasti akan menyambut hangat sapaanmu dan tulus menjawab setiap pertanyaanmu.

 

Mencoba makanan dan minuman yang dijual di kantin kampus

Selain menyesuaikan diri secara mental, kamu juga harus mencicipi makanan dan minuman yang dijual di kantin kampus karena kantin adalah tempat pelarianmu saat menunggu jam kuliah berikutnya. Dengan begitu, menyesuaikan diri dengan menjajal berbagai makanan yang ada disana juga menjadi hal penting. Agar perut seorang mahasiswa baru bisa terbiasa dan tidak kaget saat jalannya perkuliahan nanti.

 

njit.edu

 

Antusias saat masa orientasi tiba

Tujuan dari diadakannya Masa Orientasi Mahasiswa Baru untuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap kehidupan kampus termasuk pejabat kampus, dosen, senior, dan teman seangkatan. Jadi kamu harus antusias dengan acara ini agar penyesuaian dirimu berjalan lancar dan kamu pun bisa membaur dengan mahasiswa baru lainnya.

 

Mulailah berkenalan dan bergaul dengan satu dua mahasiswa baru

Inilah hal penting untuk melancarkan penyesuaian dirimu di kampus baru. Cobalah untuk membuka diri dan enjoy dengan orang-orang yang ada disekitarmu. Ajaklah paling sedikit 2 orang untuk berkenalan dan cerita sedikit tentang hidupmu. Dengan begitu orang tersebut akan terbuka pula denganmu.

 

Pengalaman menjadi mahasiswa baru adalah hal yang tidak terlupakan serta merupakan momen yang menegangkan dan menyenangkan. Bertemu dengan orang baru dan tempat tinggal yang baru bisa menjadi pengalaman yang seru. Selagi pengumuman SBMPTN 2018 diumumkan, persiapkan dirimu semaksimal mungkin.

 

Selamat menuju ke kehidupan selanjutnya, mahasiswa baru!

0 Comment