Macam-Macam Minyak Goreng, Mana Yang Terbaik Untuk Kesehatan

18 June 2018, pada 02:00
1
0
Macam-Macam Minyak Goreng, Mana Yang Terbaik Untuk Kesehatan

Seringkali karena alasan kesehatan, banyak orang merasa kesulitan untuk memilih satu di antara berbagai produk minyak goreng yang ada di pasaran. Sebab, penggunaan minyak goreng yang tidak tepat ternyata dapat berisiko buruk bagi kesehatan. Faktanya, saat berinteraksi dengan suhu panas, minyak goreng akan beroksidasi dan bereaksi dengan oksigen untuk membentuk radikal bebas dan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis minyak goreng mana saja yang baik untuk kesehatan.

 

Minyak zaitun

 

pexels.com

 

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sekitar 78% dari keseluruhan kandungannya. Selain itu, minyak zaitun juga kaya antioksidan yang disebut polifenol yang sering dikaitkan dengan kesehatan jantung. Sayangnya, minyak zaitun kurang cocok untuk digunakan saat menggoreng deep-fry karena memiliki titik didih yang rendah.

 

Minyak canola

 

pexels.com

 

Meski tidak memiliki antioksidan setinggi minyak zaitun,  tetapi  minyak canola yang diolah dengan proses penyulingan yang kompleks merupakan pilihan terbaik untuk menumis atau memanggang.

 

Minyak biji anggur

 

flickr.com

 

Dikenal dengan nama lain grapeseed oil, minyak biji anggur memiliki kemampuan untuk memproduksi jumlah senyawa aldehida yang lebih rendah daripada mentega atau minyak hewani. Minyak biji anggur juga kaya akan asam lemak jenuh yang membuatnya lebih stabil saat dipanaskan dalam suhu tinggi.

 

Minyak kacang

 

indiamart.com

 

Titik asap dari minyak kacang tergolong tinggi. Inilah yang membuatnya paling cocok digunakan untuk menumis ataupun memanggang masakan. Minyak kacang mengandung phythosterol yang sehat untuk jantung, serta lemak nabati yang penting untuk menurunkan kolesterol dan menghambat perkembangan kanker.

 

Minyak wijen

 

penny-price.com

 

Minyak wijen atau sesame oil telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan plasma glukosa sehingga cocok untuk digunakan oleh penderita diabetes hipersensitif. 

Selain itu, minyak wijen dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Tidak mengherankan jika kemudian penggunaan minyak wijen juga seringkali dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol, karena mengandung phythosterol yang membantu menghambat pembentukan kolesterol.

Itulah jenis-jenis minyak goreng yang baik untuk kesehatan. Meski terbukti lebih baik dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, sebaiknya minimalisir penggunaan minyak setiap harinya dan lakukan penyimpanan yang tepat seperti dalam lemari yang tertutup dan kering  serta hindari penggunaan minyak untuk berkali-kali proses memasak untuk menjauhkan diri dari akumulasi efek buruk minyak goreng.

0 Komentar