Makan Pedas Bisa Atasi Pusing dan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

18 October 2018, pada 03:21
0
0
Makan Pedas Bisa Atasi Pusing dan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Pernahkah kamu mendengar atau melihat langsung ada orang yang sengaja mengonsumsi makanan pedas untuk menghilangkah pusing? Yap, kebiasaan ini memang sering sekali dilakukan oleh sebagian orang, khususnya orang pedesaan yang rata-rata enggan mengonsumsi obat.

Mereka mempercayai bahwa mengonsumsi makanan pedas bisa mengobat migrain, pusing, bahkan flu. Mereka pun memiliki keyakinan kalau obat-obatan tidak baik dikonsumsi, oleh karenanya mereka lebih menggunakan cara alami.

Makan Pedas Bisa Atasi Pusing dan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Tapi apakah cara tersebut memang benar terbukti? Atau hanya mitos belaka?

Sebelum membahas lebih dalam, perlu disadari terlebih dahulu bahwasanya seseorang tidak akan mengulang sesuatu yang sia-sia tanpa manfaat. Jadi, sebenarnya mereka yang melakukan cara tradisional ini telah mendapati hasil. Oleh karenanya diulangi terus bahkan diturunkan sampai ke anak cucu.

Berangat dari fenomena yang telah turun-menurun ini membuat banyak pakar kesehatan melakukan riset lanjut untuk membuktikan kebenarannya. Dari sekian banyak hasil penelitian itu, hampir semua mengatakan hasil yang sama.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Headache and Pain, dikatakan kalau mengonsumsi makanan pedas memang benar bisa mengatasi migrain dan pusing. Bahkan, dijelaskan pula kalau makanan pedas itu ajaib yang bisa menghilangkan sakit kepala kurang dari 1 jam saja!

Makan Pedas Bisa Atasi Pusing dan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?
medicalxpress.com/

Dari situ ada penelitian-penelitian lanjutan untuk meyakinkan hasil riset sebelumnya. Alhasil, hal senada pun disampaikan oleh jurnal Nature Chemical Biology yang mengatakan jika makanan pedas bisa merespon tubuh untuk mengobati diri sendiri dari serangan bakteri maupun peradangan.

Perlu diketahui, mengonsumsi makanan pedas juga ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam sesaat. Hal itu dikarenakan tubuh sedang berusaha menahan rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai. Namun setelahnya, sistem imun akan istirahat kembali.

Jika dijelaskan secara medis, sebenarnya ada runtutan atau proses mengapa sakit kepala bisa hilang hanya dengan mengonsumsi makanan pedas.

Diawali ketika lidah merasa pedas, maka saraf di sekitar lidah akan langsung mentransfer sinyal kepada otak. Sinyal yang bernama TRP (Transient Receptor Potencial) ini berupa sakit dan panas sehingga otak akan segera meresponnya karena dianggap berbahaya.

Baca juga : Berlebihan Makan Daging Bisa Picu Kanker Payudara, Hoax atau Fakta?

Makan Pedas Bisa Atasi Pusing dan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?
juicygeniuses.com

Kemudian, ketika sinyal TRP ini aktif, maka dia bisa menekan efek sakit, pusing, ataupun permasalahan yang sedang terjadi pada area kepala. Oleh karenanya, setelah mengonsumsi makanan pedas, kita akan merasa segar dan mata melek mendadak.

Namun walau hal ini telah dibuktikan, kamu pun tidak boleh mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Sebab bagaimanapun juga, makanan pedas bisa merugikan organ di dalam tubuh seperti usus maupun lambung.

Jadi, konsumsilah makanan pedas sewajarnya saja dan jangan pernah berlebihan ya!

0 Komentar