Makan Sendirian Jadi Penyebab Kematian Datang Lebih Cepat, Kenapa?

03 January 2019, at 09:00
1
0
Makan Sendirian Jadi Penyebab Kematian Datang Lebih Cepat, Kenapa?

Hidup melajang atau jomblo membuat sebagian orang melakukan segala aktivitasnya sendirian, termasuk makan. Namun ternyata kebiasaan ini bukanlah hal yang disarankan untuk dilakukan, lho.

Mungkin sebenarnya makan sendirian terkesan biasa saja. Tetapi kegiatan ini justru dapat membunuhmu secara perlahan.

Hal ini merujuk pada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity Research & Clinical Practice. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Kesepian

makan bersama
pexels.com/@rawpixel

Ketika makan bersama dengan teman-teman, maka akan ada banyak hal yang mungkin diperbincangkan atau diceritakan. Hal ini akan membuat seseorang merasa bahagia karena memiliki teman untuk berbagi.

kesepian
pexels.com/@adrienn-638530

Sedangkan seseorang yang sering makan sendirian akan merasa bahwa dirinya tidak memiliki teman bicara. Pada akhirnya banyak hal yang harus dipendam dan disimpan sendiri, meskipun sebenarnya orang tersebut ingin mengungkapkannya.

2. Tidak Dapat Mengontrol Makanan

tidak dapat mengontrol makanan
pexels.com/@nappy

Orang yang makan sendirian biasanya hanya makan makanan yang cepat saji. Jika tidak, dia akan masak terlalu banyak untuk dirinya sendiri. Hal ini akan membuat dia tidak bisa mengontrol seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

makan banyak
pexels.com/@chanwalrus

Selain itu, makan sendirian yang dibarengi dengan menonton TV, membaca, atau berselancar diinternet akan membuat seseorang tidak sadar bahwa dia sudah mengonsumsi makanan terlalu banyak dan berlebihan.

Baca Juga: Minuman dan Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

3. Obesitas

obesitas
pexels.com

Ketika tidak dapat mengontrol makanannya, entah itu karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau karena makan terlalu banyak karena sendirian, orang tersebut akan mudah atau memiliki risiko yang tinggi terhadap obesitas.

kegemukan
pexels.com/@rawpixel

Obesitas atau kegemukan jika dibiarkan terus-menerus dan tidak segera ditangani akan membawa dampak buruk lain pada tubuh.

Dampak tersebut bisa berupa penyakit fisik seperti diabetes atau penyakit mental seperti stres dan depresi karena sulit untuk menurunkan berat badan.

4. Gangguan Metabolik

gangguan metabolisme
pexels.com/@freestocks

Penelitian ini menyebutkan bahwa orang-orang yang sering makan sendirian memiliki risiko dua kali lipat mengalami gangguan metabolik. Sindrom ini sangat kuat kaitannya dengan kesepian dan bisa memunculkan beberapa penyakit.

gangguan metabolik
pexels.com/@rawpixel

Penyakit-penyakit yang dapat muncul karena gangguan metabolik yaitu tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Jadi, secara tidak disadari, seseorang yang sering makan sendirian sedang menumpuk risiko penyakit-penyakit berbahaya tersebut. Maka sebab itu, makan sendirian bisa menyebabkan seseorang mati perlahan.

Makan sendirian sesekali tidak masalah, akan tetapi jangan terus-terusan. Lebih baik membiasakan diri berkumpul dan makan bersama teman-teman. Selain lebih ramai kamu juga bisa menjadi lebih bahagia, lho.

0 Comment