Makanan Khas Madura dari Bumbu Petis Hingga Santan, Gurih Bikin Nagih

10 September 2018, at 09:22
0
0
Makanan Khas Madura dari Bumbu Petis Hingga Santan, Gurih Bikin Nagih

Terletak di sebelah timur pulau Jawa, Pulau Madura ternyata punya destinasi wisata Madura yang mengagumkan. Ada puluhan tempat wisata alam yang indah dan jarang dijamah oleh para pengunjung. Ngga heran deh, kalau tempatnya masih asri banget.

Bukan hanya soal tempat wisata Madura yang indah, tapi juga ada masakannya yang enak dan menggiurkan. Dengan bumbu yang serba berbeda dengan masakan khas daerah lain. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak dulu,

Baca juga: Eksotisnya Keindahan Pantai Gili Labak Madura

1. Nasi serpang

nasi serpang
instagram.com/e_ndro

Makanan khas Madura yang pertama adalah nasi dengan isian macam-macam masakan yang penuh dengan lauk. Ada Pepes Tongkol, Udang, Kerang, Serundeng daging, Krecek kuah santan, hingga Telor asin. Dijamin deh, bakal kenyang seharian dalam satu santapan. Biasanya dijual dengan harga 15ribu rupiah, itupun sobat Qupas masih bisa nambah kerupuk peyek.

Berlokasi di :

  • Jalan Raya Ketengan, Pejagan, Bangkalan.

Buka dari :

  • 06:00-09:00 Wib

2. Nasi ampog

nasi ampog
instagram.com/ramadhani.valencia

Nasi ampog sendiri adalah menu makanan seperti nasi jagung. Ternyata, Madura juga memiliki nasi jagung sebagai makanan khasnya. Nasi dengan potongan jagung yang dicampur dengan beras ini punya lauk yang segudang. Salah satunya saja lauk pauk seperti ikan asin, sayur gudangan, pepes, dan kerupuk puli menjadi andalan tersendiri. Kalau porsinya sebanyak itu, bisa dimakan buat dua orang ya.

Berlokasi di :

  • Dekat SMPN 2 Bangkalan, Pangeranan, Kabupaten Bangkalan.

Buka dari :

  • 05:00-09:00 Wib

3. Topak ladeh

topak ladeh
instagram.com/ronnyhidayat84

Makanan khas Madura yang satu ini merupakan hidangan saat hari raya atau hari besar. Memiliki isian telur rebus, daging sapi, lemak sapi, jeroan sapi, dan lontong yang dipotong dadu. Nggak lupa juga parutan kelapa yang sudah dibumbui urap-urap ditaruh diatasnya. Sebagai pemanis masakan. Harganya hanya 5ribu rupiah saja.

Berlokasi di :

  • Pasar Senen Bangkalan, Jalan Raya Teuku Umar

Buka dari :

  • 09:00-17:00 Wib

4. Kaldu kokot

kaldu kokot
instagram.com/atapermana

Masih belum lepas dari masakan khas Madura yang berisikan olahan daging sapi. Kaldu kokot ini kuah kaldu sapi yang cukup kuat dengan irisan seledri dan bawang goreng yang menambah rasa sedap. Kokot sendiri memiliki arti kaki sapi. Nggak lupa juga ada butiran kacang hijau yang tercampur di kuahnya. Semakin menambah rasa enak tiada tara dan beda dari daerah lain. Cocok dimakan saat cuaca sedang dingin.

Berlokasi di :

  • Jalan Arif Rahman no.13, Bangkalan.

Buka dari :

  • 09:00-17:00 Wib

Baca juga: 8 Makanan khas Wonogiri, Masakan Ndeso dengan Bumbu "Jangkep" Nempel di Lidah

5. Soto mata sapi

soto mata sapi
instagram.com/erfaneffendi9220

Kalau berkunjung ke Madura, jangan bosan untuk menyantap aneka olahan anggota tubuh sapi. Giliran sekarang mencicipi masakan ekstrim soto mata sapi yang dijual di Bangkalan ini. Diracik dengan bumbu rahasia yang menghasilkan kuah kaldu merah dan kacang tanah atau jagung. Rasa dari mata sapi nggak akan tercium kuat karena sudah diolah khusus. Wajib sobat Qupas coba banget nih. Kalau sudah sampai di sana, campur dengan sambal merahnya agar lebih terasa pedas menggigit lidah.

Berlokasi di :

  • Jalan Raya Burneh Bangkalan.

Buka dari :

  • 09:30-16:00 Wib

6. Nasi bebek

bebek sinjay
instagram.com/surabayafoodies

Selain olahan daging sapi, menu makanan khas Madura yang terkenal lainnya adalah nasi bebek. Disajikan dengan sambal mangga muda yang diparut panjang dan gorengan daging bebek yang empuk. Biasanya ada tambahan ati ampela goreng gratis untuk sobat Qupas. Dijamin, pedasnya bikin puas.

Berlokasi di :

  • Jalan Raya Ketengan no.45, Tunjung, Burneh, Bangkalan.

Buka dari :

  • 07:00-18:00 Wib

7. Tajin sobih

tajib sobih
instagram.com/ucitjokro

Makanan khas Madura di pagi hari ini memang memiliki tekstur seperti bubur sum-sum hanya saja diberi gula merah. Pastinya memiliki rasa yang legit manis. Terbuat dari tepung ketan dan terigu, disajikan dengan daun pisang yang menambah kesan tradisional banget. Biasanya dijual di pasar-pasar tradisional di Bangkalan.

Berlokasi di :

  • Jalan Raya Burneh Bangkalan.

Buka dari :

  • 06:00-09:00 Wib

8. Kacang otok

kacang otok
instagram.com/toko_oleh2madura

Kacang otok bisa jadi kuliner khas Madura yang bisa dibawa pulang ke rumah. Camilan yang terbuat dari biji kacang panjang memiliki rasa gurih, asin, atau pedas. Bisa memilih sesuai selera mau rasa asin atau pedas. Yang pasti, orang rumah bisa senang mencicipi oleh-oleh darimu.

Berlokasi di :

  • Pasar Senen Bangkalan, Jalan Raya Teuku Umar

Buka dari :

  • 09:00-17:00 Wib

Makanan khas Madura yang bisa sobat Qupas cicipi tersebut, bisa membuat lidah bergoyang dan hati pun senang. Apalagi kalau makannya di pinggiran pantai Madura yang masih asri. Wah, jadi nambah lahap untuk memakannya ya.

0 Comment