Makanan yang Jatuh ke Lantai, Aman Dikonsumsi Nggak Sih?

14 November 2018, pada 09:00
1
0
Makanan yang Jatuh ke Lantai, Aman Dikonsumsi Nggak Sih?

Pernahkah kamu mendengar kalimat “Belum Lima Menit”? Kalau pernah, tentunya kamu pasti tahu kan kenapa kalimat itu diucapkan.

Yap, kata-kata “Belum Lima Menit” memang sering digunakan ketika seseorang menjatuhkan makanannya ke lantai.

Menganggap makanan itu masih belum terlalu lama di lantai, maka orang tersebut tidak segan-segan mengambilnya kembali karena dianggap masih layak konsumsi.

Kamu pun pasti pernah melakukannya, bukan?

Baca juga: Studi Baru: Makan Cokelat Bisa Buat Panjang Umur

Makanan yang Jatuh ke Lantai, Aman Dikonsumsi Nggak Sih?
livestrong

Lantas, benarkah makanan yang terjatuh ke lantai sebelum lima menit masih aman dikonsumsi? Berangkat dari banyaknya pertanyaan tersebut, maka membuat para pakar medis melakukan penelitian mendalam untuk mencari tahu jawabannya.

Dan tahukah kamu kalau hampir semua penelitian mengatakan jika makanan yang jatuh ke lantai sudah tak layak makan?

Salah satu penelitian tersebut datang dari Rutgers University yang menyebutkan jika makanan yang jatuh ke lantai sebentulnya sudah terkontaminasi oleh virus dan bakteri.

Walau lantai terlihat bersih, tapi sebenarnya ada ribuan bakteri yang sedang menempel di sana.

Kemudian jenis makanannya pun memengaruhi tingkat kontaminasi tersebut. Misalnya roti tawar yang jatuh ke lantai, akan lebih sedikit terkontaminasi bakteri daripada es krim yang luruh.

Hal tersebut dikarenakan roti tawar adalah makanan kering sehingga bisa diselamatakan lebih cepat dari bakteri daripada makanan basah seperti es krim.

Makanan yang Jatuh ke Lantai, Aman Dikonsumsi Nggak Sih?
mport.ua

Lantas, sebenarnya ada variasi hitungan yang benar ketika makanan jatuh ke lantai. Kalau lima menit itu sangatlah lama, yang paling aman adalah sebelum lima detik.

Sebab dalam waktu lima detik saja, permukaan makanan yang jatuh tersebut sudah mendapatkan transfer bakteri yang berlimpah. Apalagi dalam waktu lima menit?

Jadi sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang telah jatuh ke lantai. Terlebih lagi untuk jenis jajanan basah seperti es krim.

Namun, ketika roti tawar yang jatuh, segeralah ambil sebelum lima detik.

Jangan lupa, sebelum mengonsumsinya kembali kamu harus benar-benar memastikan bahwa roti itu bersih alias membuang bagian pinggir yang kontak langsung dengan lantai.

0 Komentar