Malas Menyikat Gigi Bisa Sebabkan Stroke, Kok Bisa?

02 June 2019, at 00:00
1
0
Malas Menyikat Gigi Bisa Sebabkan Stroke, Kok Bisa?

Pernahkah kamu merasa malas untuk menyikat gigi di malam hari? Jika iya, kamu nggak sendirian karena banyak orang yang mengalami hal serupa.

Kegiatan menyikat gigi sebelum tidur memang sudah menjadi salah satu dari pola hidup sehat dan bersih yang dianjurkan. Akan tetapi masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut karena dianggap nggak memiliki dampak yang terlalu buruk.

Selama ini, mungkin kamu hanya pernah mendengar atau mengetahui bahwa malas menyikat gigi sebelum tidur akan merusak dan menyebabkan sakit pada bagian tersebut sehingga lebih baik nggak dilakukan.

Baca Juga: Hindari Risiko Stroke, Ini 6 Cara Menurunkan Tekanan Darah yang Harus Kamu Ketahui

Namun, tahukah kamu bahwa penelitian terbaru menyebutkan bahwa malas menyikat gigi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke?

sikat gigi
lampungpro.com

Mungkin sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut apabila nggak ingin terjadi hal yang mengerikan.

Pasalnya, para peneliti dari Tempere University di Finlandia menemukan jejak bakteri mulut pada gumpalan darah yang menyebabkan stroke.

Mereka telah menganalisis beberapa sampel gumpalan darah dari 75 pasien yang menerima penanganan darurat untuk masalah kesehatan tersebut.

tidur tanpa sikat gigi
pexels.com/@thatguycraig000

Setelah para pasien menjalani thrombectomy atau prosedur penyingkiran penyumbatan darah, maka ditemukanlah 79 persen sempel gumpalan darah yang membawa DNA dari bakteri mulut seperti tipe Streptococcus mitis yang termasuk dalam grup viridans streptococci.

Baca Juga: Benarkah Langsung Menyikat Gigi Sebelum Tidur Bisa Berbahaya? Begini Penjelasannya

Dilansir dari Medical News Today, peneliti mengatakan bahwa gumpalan darah yang menyebabkan serangan jantung, aneurisme otak, dan thromboses di pembuluh darah dan arteri kaki juga ditemukan bakteri mulut yang sama.

Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan infeksi endokarditis, atau suatu infeksi yang menyerang jantung.

stroke
pexels.com/@rawpixel

Meskipun masih diperlukan penelitian lanjutan dari dampak bakteri mulut terhadap penyebab stroke secara langsung, akan tetapi Sobat Qupas sebaiknya melakukan antisipasi dengan rajin menyikat gigi sebelum tidur.

Pasalnya, bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi serius seperti pada katup jantung apabila masuk ke dalam sirkulasi darah.

Oleh sebab itu, yuk jaga kesehatan gigi dengan rajin menyikat gigi agar nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

0 Comment