Manfaat Bermain Boneka untuk Perkembangan Anak, Apa Saja Ya Bunda?

29 November 2019, at 17:00
0
0
Manfaat Bermain Boneka untuk Perkembangan Anak, Apa Saja Ya Bunda?

Bermain merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh anak-anak. Nggak hanya untuk bersenang-senang, hal tersebut ternyata juga merupakan media belajar yang mendukung perkembangan buah hati lho.

Salah satu mainan yang ternyata memberikan banyak manfaat untuk anak adalah boneka. Bahkan, banyak terapis atau psikolog yang menggunakan mainan tersebut saat melakukan konseling dengan anak-anak.

Dilansir dari laman childventures.ca, berikut ini beberapa manfaat bermain boneka untuk perkembangan anak yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan Keterampilan Sosial

kemampuan sosial anak
thejakartapost.com

Manfaat pertama dari bermain boneka adalah meningkatkan keterampilan sosial pada perkembangan awal anak.

Menggunakan boneka, si kecil secara nggak langsung akan belajar bagaimana caranya berkomunikasi dengan orang lain, baik saat bermain sendiri atau bersama dengan teman-teman.

2. Mengembangkan Imajinasi

perkambangan anak
worthpoint.com

Selain itu, bermain boneka juga akan meningkatkan kreativitas serta mengembangkan imajinasi anak. Biarkan si kecil bereksplorasi dengan memberikan karakter atau mewujudkan tokoh pada mainannya tersebut.

Permainan peran yang dilakukan dengan boneka akan membuat imajinasi anak semakin luas karena ia bebas menyulap apapun yang ada disekitarnya menjadi hal yang ia inginkan.

3. Memperkuat Empati

bermain boneka
jituwang.com

Bermain peran menggunakan boneka nggak hanya bisa mengembangkan imajinasi, namun juga memperkuat kasih sayang dan rasa empati buah hati.

Anak secara nggak langsung akan belajar mengontrol emosinya. Hal ini akan berdampak terhadap cara si kecil memperlakukan orang-orang disekitarnya.

Baca Juga: Sederhana Tapi Dampaknya Luar Biasa, Ini Manfaat Bermain Bola untuk Anak Usia Dini

4. Melatih Sifat Tanggung Jawab

manfaat bermain boneka
thestir.cafemom.com

Nggak hanya itu, bermain boneka juga akan melatih sifat tanggung jawab pada masing-masing anak. Buah hati akan belajar bagaimana cara merawat boneka dan bermain dengannya.

Hal ini lah yang kemudian berdampak pada pembentukan karakter si kecil dan akan terbawa hingga beranjak dewasa.

5. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

boneka
blog.novanatural.com

Secara nggak langsung, anak akan sering mengobrol saat bermain boneka, baik ketika bermain sendirian maupuan bersama teman-teman. Hal tersebut akan meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Apalagi, beberapa boneka sudah dilengkapi dengan fitur suara yang dapat memperkenalkan atau menambah kosa-kata baru kepada buah hati. Seru ya?

anak laki-laki bermain boneka
thoisu.pro

Nah, ternyata bermain boneka memang nggak cuma menyenangkan ya Sobat Qupas. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan terkait dengan perkembangan anak.

Meskipun lebih identik dengan anak perempuan, nggak masalah kok memberikan anak laki-laki boneka dengan bentuk yang sesuai supaya buah hati juga bisa mendapatkan manfaat di atas.

0 Comment