Manfaat Buah Bit, Si Merah yang Punya Segudang Kebaikan Bagi Kesehatan

26 August 2019, at 10:00
0
1
Manfaat Buah Bit, Si Merah yang Punya Segudang Kebaikan Bagi Kesehatan

Buah bit merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan lobak dan sayuran berakar lainnya. Meskipun bukan asli Indonesia, tetapi buah ini dikonsumsi cukup banyak orang lho.

Warnanya yang merah merona sering kali juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami bagi makanan atau rambut.

Selain itu, ternyata buah bit juga memiliki manfaat bagi kesehatan yang masih jarang diketahui lho. Penasaran? Simak yuk ulasan Qupas berikut ini.

1. Menurunkan Kolesterol

menurunkan kolesterol
hellosehat.com

Salah satu manfaat buah bit adalah menurunkan kolesterol. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh adanya kandungan antioksidan tinggi yang disebabkan oleh serat larut, flavonoid, serta batacyanin di dalamnya.

Apabila kolesterol jahat menurun, maka kondisi kesehatan akan membaik dan tubuh terhindar dari beberapa penyakit seperti jantung dan stroke.

2. Menjaga Stamina

menjaga stamina
hellosehat.com

Buah bit juga diklaim dapat menjaga stamina atau meningkatkan energi karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dengan kalori yang rendah.

Selain itu, vitamin C yang cukup tinggi dalam si merah juga dapat menjaga kekebalan tubuh sehingga apabila kamu rajin mengonsumsinya maka stamina akan meningkat dengan stabil.

3. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
hellosehat.com

Buah yang memiliki warna menggoda ini juga cocok buat kamu yang sedang menjalankan proses diet atau penurunan berat badan lho!

Pasalnya, buah bit dapat memperlancar detoksifikasi, termasuk lemak dalam tubuh. Selain itu, kandungan magnesium di dalamnya juga mendukung saraf dan otot agar berfungsi lebih optimal sehingga berat badan lebih mudah berkurang.

Baca Juga: Sering Dibuang, 8 Bagian Makanan Ini Justru Baik untuk Kesehatan

4. Mencegah Anemia

anemia
aspiringgentleman.com

Manfaat buah bit lainnya dikaitkan dengan masalah kesehatan anemia. Hal tersebut bukan disebabkan oleh warnanya yang merah seperti darah ya, akan tetapi kandungan zat besi di dalamnya.

Kandungan tersebut dapat mengaktifkan kembali, meregenerasi, dan menyupali oksigen untuk sel darah merah.

5. Melancarkan Masalah Pencernaan

melancarkan pencernaan
customhealthcenters.com

Jika kamu sering mengalami masalah pencernaan, mengonsumsi buah bit secara rutin bisa menjadi salah satu alternatif tanpa minum obat lho.

Pasalnya, buah dengan warna merah darah tersebut mengandung banyak serat yang baik bagi kesehatan tubuh khususnya pencernaan.

6. Mencegah Kanker

mencegah kanker
istockphoto.com

Tahukah kamu, mengonsumsi buah bit secara rutin ternyata bisa membantu mencegah kanker lho. Hal tersebut karena kandungan fitonutrien di dalamnya yang dapat menghambat karsinogen pada tubuh.

Selain itu, buah bit juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki kandungan betalains yang mampu meningkatkan enzim yang berguna untuk menghentikan pembentukan sel kanker.

Nah, jadi itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Sudah pernah mencobanya?

1 Comment
arinal izzay
26/08 - 18:17
pencegahan radang gusi.. selengkapnya go check : http://www.unair.ac.id/site/article/read/721/peneliti-unair-buat-formula-pencegahan-radang-gusi.html