Manfaat Bunga Calendula Untuk Kecantikan

26 June 2018, at 03:00
1
0
Manfaat Bunga Calendula Untuk Kecantikan

Calendula atau yang sering dikenal dengan sebutan pot marigold adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari selatan Eropa dan termasuk dalam famili Asteraceae. Bunga yang berwarna kuning atau jingga cerah ini biasanya dimanfaatkan ekstrak minyaknya untuk keperluan bahan kosmetik dan obat-obatan.

Pengobatan dengan bunga calendula telah dilakukan oleh bangsa Mesir Kuno sejak dahulu kala. Minyak ekstrak bunga calendula memang terkenal bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit dan infeksi karena memiliki kandungan anti-inflamasi, antiseptik, antibakteri dengan sifatnya yang dapat menenangkan kulit. Tak hanya itu,  kelopak bunga calendula yang sudah dikeringkan dapat dijadikan teh herbal dan punya banyak manfaat bagi kesehatan.

kiehls.nl

 

Tidak heran, dengan kandungan yang ada di dalamnya, banyak yang kemudian menggunakan bunga calendula ini sebagai bahan alami pembuat produk skincare, karena memiliki manfaat sebagai berikut ini :

 

Mengatasi kulit kering

Kulit yang kering, selain menyebabkan  penampilan kurang menarik, juga mengakibatkan munculnya tanda penuaan seperti keriput dan kerutan pada wajah. Minyak calendula juga berguna untuk melembabkan kulit sehingga dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan membuatnya tampak lebih muda dan bercahaya.

 

Mencegah jerawat

Sifat antibakteri dalam bunga calendula dapat membantu mengusir bakteri penyebab terjadinya jerawat.

 

Membantu meregenerasi kulit

Dengan sifatnya yang dapat menenangkan kulit, minyak bunga calendula dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi yang dapat menyegarkan kulit sekaligus merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit.

 

Anti inflamasi

Minyak bunga calendula juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit seperti kaligata. Kaligata atau yang biasa disebut dengan chilblain adalah kondisi yang ditandai oleh peradangan pada tangan dan kaki akibat paparan dingin ekstrim atau kelembaban.

 

Meningkatkan produksi kolagen

Minyak calendula dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga mencegah pembetukan jaringan bekas luka sekaligus memfasilitasi penyembuhan luka.

 

Mengatasi eksim

Sifat antiseptik dan antimikroba pada minyak bunga calendula dapat secara efektif mengatasi luka ringan dan mempercepat pemulihan jaringan kulit. Selain itu, minyak calendula juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim, dermatitis, gatal, psoriasis, kurap dan gangguan kulit lainnya.

Dengan begitu banyak manfaat yang terkandung dalam minyak calendula terutama bagi kulit,  banyak produk perawatan bayi yang juga memanfaatkan ekstraknya sebagai salah satu bahan untuk mengatasi ruam popok pada bayi.

0 Comment