Manfaat dan Cara Terbaik Mengonsumsi Minyak Zaitun

21 June 2018, at 11:00
1
0
Manfaat dan Cara Terbaik Mengonsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak manfaat, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Minyak zaitun atau yang juga dikenal dengan sebutan olive oil merupakan hasil olahan dari buah zaitun (Olea europaea) yaitu pohon tradisioal dari basin Mediterania yang memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

 

Berbeda dengan minyak lainnya yang harus dihindari demi alasan kesehatan, minyak zaitun justru memiliki keistimewaan yakni terdiri dari asam tak jenuh tunggal serta mengandung antioksidan yang dapat mengurangi efek kerusakan radikal bebas di tubuh apabila dikonsumsi secara tepat. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung banyak sekali senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh, yakni vitamin E, K, phenolic, dan zat besi.

 

pexels.com

 

Penasaran apa saja manfaat minyak zaitun? Simak pembahasannya berikut ini.

 

Merawat kesehatan rambut

 

Rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, akan dapat membantu mengatasi berbagai kerusakan rambut seperti rambut patah, mudah rontok, kering, dan lain sebagainya. Kandungan vitamin E akan memelihara kesehatan rambut secara maksimal termasuk untuk merangsang pertumbuhan rambut.

 

Mengencangkan kulit wajah

 

Dengan kandungan zat linoleic acid di dalamnya, minyak zaitun terbukti dapat menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga dapat mengencangkan kulit wajah secara efektif. Selain itu, anti oksidan di dalamnya yang disebut dengan polifenol dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari ancaman kerusakan termasuk munculnya keriput dan kulit mengelambir di usia dini.

 

Melancarkan aliran darah

 

Minyak zaitun juga telah terbukti mengandung lemak omega 3, 6, dan 9 yang bermanfaat untuk memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah agar aliran darah menjadi lebih lancar sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukkan kolestrol dalam darah.

 

Mengurangi risiko penyakit jantung

 

Minyak zaitun mengandung anti oksidan tinggi yang membantu mencegah kolesterol dalam darah sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya serangan penyakit jantung.

 

Meredakan peradangan kulit

 

Anti inflamasi pada minyak zaitun dipercaya dapat mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan peradangan kulit, seperti terbakar oleh sinar matahari, kulit sensitif, dan gatal-gatal.

 

Dengan segala manfaatnya, tak heran banyak yang kemudian menggunakan minyak zaitun untuk segala keperluan misalnya sebagai bahan untuk memasak, memanggang makanan, dikonsumsi dua kali sehari pada saat sebelum sarapan dan sebelum tidur malam untuk mendapatkan khasiatnya berupa laxative, yakni sebagai pelunak kotoran untuk melancarkan sistem pencernaan.

0 Comment